Logo COP28 UEA Diluncurkan, Cerminkan Konsep ‘Satu Dunia’

logo dan merek resmi baru untuk Sesi ke-28 Konferensi Para Pihak (COP28) UEA.(Sumber: Gulf Today)

Abu Dhabi, MINA – Kepresidenan Uni Emirat Arab telah meluncurkan logo dan merek resmi barunya untuk Sesi ke-28 Konferensi Para Pihak (COP28) pada Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), yang akan berlangsung di Expo City Dubai dari 30 November hingga 12 Desember 2023.

sejatinya merupakan pengambilan keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) diresmikan dan ditandatangani pertama kali tahun 1992 di Rio De Janeiro, Brazil.

Dalam laporan Kantor Berita WAM dikutip MINA, Ahad (22/1), dipimpin oleh konsep bahwa kita semua adalah penghuni ‘Satu Dunia’, desain bola dalam warna hijau terang dan gelap mencakup kumpulan ikon yang beragam, mulai dari manusia dan teknologi energi terbarukan hingga satwa liar dan alam, yang dikemas dalam satu bola dunia.

Citra mewakili kekayaan sumber daya alam dan teknologi umat manusia dan menekankan perlunya inovasi di semua sektor untuk mendorong pembangunan berkelanjutan yang inklusif dan transformasional.

Desainnya berfungsi sebagai pengingat bagi komunitas global untuk mendukung aksi iklim yang mendesak dan memulai jalur inklusif menuju aksi iklim. Visual menggarisbawahi pesan COP28 akan menjadi COP untuk Semua yang menjembatani dunia utara dan selatan, dan mencakup sektor publik dan swasta, ilmuwan dan masyarakat sipil, perempuan dan pemuda, yang semuanya dirujuk dalam ikonografi.

Ini juga akan mempromosikan pesan COP28 akan menjadi COP of Action, yang meningkatkan ambisi dan bergerak dari tujuan menuju pencapaian hasil di seluruh mitigasi, adaptasi, keuangan, dan kerugian dan kerusakan.

Merujuk pada logo baru, Presiden COP28 terpilih, Dr. Sultan Al-Jaber menyampaikan, kita hidup di satu dunia, dunia di mana kita perlu berkolaborasi dan bekerja sama tidak seperti sebelumnya untuk membuat kemajuan transformasional yang diperlukan untuk mencapai Perjanjian Paris.

Menteri Perindustrian dan Teknologi Maju itu mengatakan, COP28 akan menjadi COP untuk Aksi dan COP untuk semua, menyatukan global utara dan selatan dan tidak meninggalkan siapa pun.

“COP28 di UEA akan berupaya menemukan konsensus global sehingga kita dapat melangkah lebih jauh dan lebih cepat serta beralih dari tujuan ke penyelesaian,” ujar Sultan Al-Jaber.

Logo dan branding baru akan diterapkan di semua branding COP28 UEA, termasuk situs web yang baru diluncurkan dan di lokasi di Expo City Dubai. Selain itu, animasi logo yang dinamis dapat dilihat di sini yang menghidupkan logo dan kisahnya di media digital.

Sebelumnya pada awal Januari, Kepresidenan UEA COP28 mengumumkan penunjukan tim kepemimpinan beragam yang akan bekerja sama dengan UNFCCC dan Kepresidenan COP27 untuk memperjuangkan agenda inklusif dan komprehensif untuk KTT iklim global.

UEA berharap dapat menyambut dunia ke COP28 dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan dalam mengejar hasil yang seimbang, ambisius, dan inklusif sebagai warisan penuh harapan bagi generasi mendatang.

Sebelumnya COP27 diadakan di Mesir pada tanggal 7-8 November 2022. Saat itu COP27 dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Mesir, yaitu Sameh Shoukry.

COP diciptakan untuk membangun upaya para pihak konferensi untuk mengatasi perubahan iklim. COP diadakan setiap tahun untuk meninjau kembali dan memastikan langkah hukum yang dibuat oleh UNFCCC dalam mengurangi efek gas rumah kaca dan perubahan iklim.(T/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.