LSM di Irlandia Selenggarakan Diskusi Panel Deklarasi Balfour

Belfast, MINA –  Lembaga Swadaya Masyarakat The Return berbasis di London menyelenggarakan diskusi panel peringatan 105 tahun di Belfast, Utara, Selasa (8/11/2022), bertema “105 Tahun Balfour: Inggris di Palestina dan Irlandia”.

Aktivis Farah Qutaineh mengatakan peran yang dimainkan Mandat Inggris antara tahun 1918-1948, dalam membantu Zionis bersenjata melaksanakan pengusiran paksa warga Palestina dari kota-kota Palestina.

Qutaineh menyatakan, Deklarasi Balfour menjadi awal keterlibatan Inggris dalam penjajahan Palestina. Quds Press melaporkan.

“Inggris terlibat dalam pembersihan etnis Palestina dari era Mandat hingga Deklarasi Balfour itu sendiri,” ujarnya.

Dia mendesak agar Palestina mendapatkan hak kembali ke rumah  mereka dai kamp-kamp pengungsian , di mana mereka saat ini tinggal di kamp-kamp yang menyedihkan.

Pengungsi Palestina Latifa Abu Shakra menjelaskan bagaimana Deklarasi Balfour melambangkan bagi orang-orang Palestina awal kehancuran tanah air mereka.

Latifa mengutuk perayaan berulang-ulang pemerintah Inggris atas Deklarasi Balfour, yang menyebabkan tragedi dan bencana bagi Palestina, dan meminta Inggris secara resmi meminta maaf atas deklarasi ini.

Dia mengkritik posisi tiga perdana menteri Inggris yang menjabat tahun ini, dengan menyatakan dukungan kuatnya untuk pendudukan Israel.

Dia mendefinisikan itu sebagai pro-Zionis, yang secara moral tercela.

Anggota serikat pekerja Irlandia dan mantan tahanan politik, Tommy McKerney, menyebutkan sejarah Palestina sebelum Deklarasi Balfour, adalah skema Sykes-Picot, yang memicu bagaimana imperialisme Inggris mempengaruhi seluruh dunia dari Irlandia hingga Palestina.

McKierney mencatat strategi kolonial imperialis Inggris memicu kekerasan Inggris di Irlandia dan Palestina pada awal abad kedua puluh, karena Inggris ingin memperluas pengaruhnya dalam skala besar.

Diskusi panel dimoderatori oleh jurnalis Belfast, James McCarthy. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.