Mahasiwa UBB Kunjungi Kebun Penelitian Lada Indonesia

Sebanyak 77 mahasiswa jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Universitas Bangka Belitung (UBB) pada Rabu (24/4/2024) mengunjungi kebun penelitian lada di Bangka Tengah. (Foto: dok PT CAN)

Bangka, MINA – Sebanyak 77 mahasiswa jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Universitas Bangka Belitung (UBB) mengunjungi kebun penelitian lada di Bangka Tengah pada Rabu (24/4).

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa varietas dan teknik budidaya lada yang ada di lingkungan demoplot. Mahasiswa diajak untuk melihat secara langsung proses budidaya lada yang sedang dikembangkan oleh PT. Cinquer Agro Nusantara (CAN).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mempelajari agroklimatologi tanaman lada yang terdapat di beberapa demoplot tanaman lada di PT CAN,” kata dosen jurusan Agroteknologi, Dr. Tri Lestari, S.P., M.Si yang mendampingi para mahasiswa berkegiatan di kawasan Kebun PT CAN.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Presiden Iran

Menurutnya, kebun lada yang dikelola oleh PT CAN ini memiliki berbagai fasilitas yang lengkap untuk melakukan penelitian terkait tumbuhan lada, di antarnya fasilitas lab microorganisme tanah, nursery varietas melada, Demoplot agroforestry, Demoplot Melada, Demoplot Spice Up, Kebun Sehat, dan fasilitas pasca panen.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama antara PT CAN dengan akademisi termasuk dengan perguruan tinggi. Apalagi, PT CAN sudah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti ITB, UNPAD, ITERA, UBB dan beberapa perguruan lainnya,” jelasnya.

Dr. Tri Lestari menambahkan, kerja sama tersebut dilakukan secara aktif dengan saling bertukar informasi dan melakukan penelitian secara intesif sebagai bagian dari upaya untuk mengembalikan kejayaan lada indonesia.

Baca Juga:  MER-C Kirim Tim ke Mentawai Bangun Mushola dan Renovasi Sekolah

PT CAN merupakan perusahaan dalam negeri yang memiliki komitmen dalam pengembangan lada di Indonesia. PT CAN senantiasa melakukan pendampingan kepada para petani mitra dengan memberikan pelatihan dan konsultasi terkait dengan kendala dan ilmu tentang budidaya lada kepada para petani.

Ke depan, para petani lada diharapkan dapat memiliki ketahanan dalam ekonomi yang lebih baik dengan meningkatnya pendapatan dari hasil berkebun lada serta kualitas lada tetap terjaga dengan baik sehingga indonesia senantiasa berada didepan terkait dengan kualitas dan kuantisas terbaik dunia.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi