Mahkamah Agung Nigeria Izinkan Penggunaan Jilbab di Sekolah-sekolah Negara Bagian Lagos

HIJAB

Lagos, MINA – Mahkamah Agung Nigeria telah mengizinkan penggunaan jilbab oleh siswa perempuan Muslim di sekolah-sekolah milik Pemerintah Negara Bagian Lagos.

Mahkamah Agung menyampaikan putusan yang menjunjung tinggi penggunaan jilbab oleh siswa Muslim pada hari Jumat (17/6) di Abuja.

Majelis tujuh anggota Mahkamah Agung menguatkan putusan Pengadilan Tinggi Lagos pada 21 Juli 2016, yang mengesampingkan putusan 17 Oktober 2014 oleh Hakim Grace Onyeabo dari Pengadilan Tinggi Negara Bagian Lagos, yang menjunjung tinggi pembatasan hijab, The Guardian Nigerian melaporkan.

Hakim Kudirat Kekere-Ekun, yang menulis putusan mayoritas utama, yang dibacakan oleh Hakim Tijani Abubakar, menolak kasasi yang diajukan Negara Bagian Lagos terhadap putusan Pengadilan Tinggi Lagos tahun 2016, dengan alasan permohonan banding tersebut tidak kemampuan.

Hakim dalam panel tersebut adalah Hakim Olukayode Ariwoola, Hakim Kudirat Kekere-Ekun, Hakim John Inyang Okoro, Hakim Uwani Aji, Hakim Mohammed Garba, Hakim Tijjani Abubakar, dan Hakim Emmanuel Agim.

Kegembiraan yang luar biasa menyambut putusan tersebut dengan Amir (Presiden) Masyarakat Pelajar Muslim Nigeria, Unit Area Negara Bagian Lagos, Miftahudeen Thanni, dan anggota organisasi lainnya terlihat, meneriakkan ‘Allahhu Akbar.’

Pengadilan menegaskan larangan tersebut melanggar hak siswa Muslim atas kebebasan berpikir, hati nurani, beragama, martabat pribadi manusia dan kebebasan dari diskriminasi yang dijamin oleh Konstitusi 1999.

Pemerintah Negara Bagian Lagos telah melarang penggunaan jilbab, dengan alasan itu bukan bagian dari seragam sekolah yang disetujui untuk murid.

Menyusul larangan tersebut, para siswa mengajukan gugatan pada 27 Mei 2015, mencari ganti rugi dan meminta pengadilan untuk menyatakan larangan tersebut sebagai pelanggaran terhadap hak mereka atas kebebasan berpikir, beragama dan pendidikan.

Kasusnya, CA/L/135/15, adalah antara Pemerintah Negara Bagian Lagos, Nona Asiyat AbdulKareem (melalui ayahnya), Nona Moriam Oyeniyi dan Perkumpulan Pelajar Muslim Nigeria. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.