Mahkamah Israel Perintahkan Copot Menteri Penggelap Pajak, Netanyahu Menolak

Menteri Kesehatan dan Dalam Negeri Israel Aryeh Deri. (Foto: Yonatan Sindel/Flash90)

Tel Aviv, MINA – Mahkamah memutuskan pada Rabu (18/1) bahwa seorang menteri pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang baru dibentuk harus dicopot karena tuduhan penggelapan pajak baru-baru ini.

Keputusan itu dikecam oleh koalisi sayap kanan Perdana Menteri Netanyahu dan menolaknya. Netanyahu bersumpah untuk terus maju dengan langkah-langkah kontroversial yang akan melemahkan Mahkamah Agung dan untuk menjatuhkan undang-undang.

Netanyahu kembali berkuasa bulan lalu sebagai kepala koalisi dengan partai-partai ekstrem kanan dan ultra-Ortodoks Yahudi setelah pemilihan umum Israel 1 November 2022.

Penunjukannya atas Aryeh Deri sebagai Menteri Kesehatan dan Dalam Negeri “tidak dapat diterima” karena “sangat tidak masuk akal”, menurut ringkasan keputusan pengadilan.

Baca Juga:  Demonstrasi Mahasiswa Bukti Lemahnya Zionis Israel

Dalam keputusan 10–1, hakim mengatakan, Netanyahu “harus mencopot Deri dari posisinya”.

Deri, ketua partai ultra-Ortodoks Shas, mengaku tahun lalu melakukan penggelapan pajak, didenda 180.000 shekel ($50.000) dan melepaskan kursi parlemennya.

Majelis hakim menyebut Deri seolah-olah berniat mengundurkan diri dari politik untuk mendapatkan hukuman yang lebih ringan. Namun, dia mencalonkan diri lagi dalam pemilihan November.

Mahkamah Agung saat ini berwenang mencabut undang-undang atau keputusan pemerintah yang dianggap diskriminatif atau tidak masuk akal. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.