MarkPlus Islamic Beri Sejumlah Penghargaan Bagi Pemain Industri Halal

(Foto: iIstimewa)

Jakarta, MINA – Penghargaan bagi para brand pemain industri yang kuat di bidangnya bertajuk ‘Indonesia WOW Halal Champion,’ diberikan dalam gelaran Islamic Entrepreneurial Marketing Festival 2022 yang diselenggarakan pada Kamis (14/4).

Nominasi penghargaan ini berasal dari kumpulan brand sebagai pemain pasar yang kuat di berbagai kategori, utamanya pada Ekonomi Islam Global.

Brand yang termasuk dalam nominasi diseleksi dari kemampuan mereka menjadi brand pilihan melalui survey WOW Brand, berbasis buku Marketing 4.0. yang telah diterjemahkan ke dalam 27 bahasa internasional.

MarkPlus telah melakukan survey WOW Brand sejak tahun 2013, yang kemudian menyelenggarakan WOW Brand Festive Day sejak 2015 lalu. Tahun ini, WOW Brand Festive Day dilaksanakan secara virtual pada 23 Maret 2022.

Penghargaan ini diadakan sebagai bentuk dukungan dari keinginan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang diketuai oleh Presiden Jokowi dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang diketuai Menteri BUMN Erick Thohir.

Melalui pertemuan dengan tim KNEKS dan MES, MarkPlus akan membantu proses tersebut melalui promosi brand-brand yang menjadi Indonesia WOW Halal Champions.

Untuk memastikan kelayakan nominasi, MarkPlus mengundang nominator yang diseleksi berdasarkan hasil survey WOW Brand untuk mengisi kelengkapan data pendukung.

Indonesia WOW Halal Champions akan diperbarui setiap tahunnya, yang hasilnya akan dipublikasi melalui penerbitan e-book dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. E-Book akan diterbitkan menjelang KTT G-20, dan metaverse diharapkan bisa rilis saat tahun baru hijriyah.

Menjadi brand dan individu yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, diperlukan konsep FAST seperti empat sifat Rasulullah yang terdiri dari Fathonah, Amanah, Siddiq, dan Tabligh untuk diterapkan.

MarkPlus Islamic sangat mengapresiasi brand dan sosok inspirasional yang berhasil membawa nilai-nilai islam ke dalam bisnisnya. Tidak hanya apda tingkat nasional, tetapi juga ke kancah global dengan penghargaan FAST Award. Penerima FAST Award adalah Ustadz Adi Hidayat, Voice of Baceprot, dan Aksi Cepat Tanggap.

Adi Hidayat menunjukkan sifat amanah yang luar biasa ketika berhasil membantu penggalangan dana untuk kebutuhan sesama dan begitu terkumpul sesuai target kemudian menyerahkan ke pihak lain yang dipercaya, seperti Majelis Ulama Indonesia, sebagai upaya menjaga kepercayaan yang menitipkan dana.

Sementara Voice of Baceprot melakukan inovasi dalam memperkenalkan hijab kepada dunia melalui panggung kreasi musik hingga konser di Eropa.

Sementara itu, Aksi Cepat Tanggap melakukan inovasi dalam berzakat dan bersedekah dengan memberikan sertifikat filantropis kepada masyarakat yang menitipkan zakat, infaq dan shadaqah sebagai penambah motivasi kepada mereka yang berzakat, berinfaq dan bershadaqah melalui Aksi Cepat Tanggap.

Selain WOW Halal Champion dan FAST Award, pada IEMF 2022 juga terdapat penganugerahaan WOW Influencer, sebuah penghargaan yang diberikan kepada influencer yang telah menyebarkan nilai-nilai islami melalui jejaring sosial mereka.

Hasil survei ini merupakan pengembangan dari survey WOW Brand yang sudah ada sejak 2013. Dan yang terakhir adalah Islamic Entrepreneurial Marketing Awards, penghargaan yang diberikan kepada institusi yang melakukan terobosan dan inovasi dalam menerapkan entrepreneurial marketing berbasis nilai-nilai ke-Islaman ke dalam aktivitas sehari-hari.

Terdapat tiga kategori penerima, yaitu universitas, sekolah, dan bank. Islamic Entrepreneurial Marketing Campus Award: penghargaan yang diberikan kepada Universitas yang telah melakukan terobosan dan inovasi dalam menerapkan entrepreneurial marketing berbasis nilai-nilai keislaman ke dalam aktivitas akademik.

Islamic Entrepreneurial Marketing School Award: penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang telah melakukan terobosan dan inovasi dalam menerapkan entrepreneurial marketing berbasis nilai-nilai keIslaman ke dalam aktivitas akademiknya.

Islamic Entrepreneurial Marketing Banking Award: penghargaan yang diberikan kepada Bank yang telah melakukan terobosan dan inovasi dalam menerapkan entrepreneurial marketing berbasis nilai-nilai keIslaman ke dalam aktivitas bisnis dikegiatan operasional hingga kegiatan marketing-nya.

Setelah banyak insights menarik seputar entrepreneurial marketing dan berbagai penghargaan dalam implementasi entrepreneurial marketing, MarkPlus Islamic juga menghadirkan ceramah bertajuk Spesial Ceramah bersama MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) dan penampilan spesial dari Ramadhan Jazz Festival.(R/R1/P1)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)