Kereta Api Mashaaer Metro Line Siap Layani 2 Juta Jamaah Haji

Mashaaer Metro Line siap layani jutaan jamaah haji setiap tahunnya. (Foto: Saudi Gazette)

Makkah, MINA – Kereta Api Jalur Metro Al-Mashaaer di adalah salah satu proyek paling terkenal yang dilakukan selama 15 tahun terakhir, yang siap melayani hingga 2 juta jamaah.

Proyek ini telah memenangkan Penghargaan Franz Edelman untuk penelitian terapan dan operasional terbaik.

Federasi Konsultan Teknik Internasional telah menempatkan proyek tersebut di antara 24 proyek teratas dunia yang dilaksanakan selama abad terakhir. Saudi Gazatte melaporkan, Rabu (14/6).

Kereta listrik berkecepatan tinggi, diluncurkan pada November 2010, dirancang untuk melayani jamaah selama musim haji setiap tahun, mengangkut antara Tempat Suci Mina, Arafah, dan Muzdalifah.

Jalur kereta api sepanjang 18 kilometer ini memiliki sembilan stasiun, masing-masing tiga di Arafah, Muzdalifah dan Mina, dengan stasiun terakhir terletak di dekat Jembatan Jamarat. Kereta bergerak dengan kecepatan 80 km per jam, dan berjalan antara Mina dan Arafah dalam waktu sekitar 20 menit.

Baca Juga:  Menlu Retno Bahas Persiapan Evakuasi WNI di Timur Tengah

Ada 17 kereta yang melayani Tempat Suci, dengan kapasitas 3.000 penumpang per kereta. Kapasitas tempat duduk adalah 20% dari total jumlah penumpang sehingga total kapasitas mencapai 72.000 penumpang per jam.

Selama musim haji 1440 H, kereta api mengangkut 2,3 juta penumpang dalam 2.170 perjalanan. (T/R7/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.