Masjid Raya Al-Ittihad Kota Legenda Wisata Cibubur Salurkan Bantuan Melalui MER-C

Penyerahan secara simbolis donasi kemanusiaan untuk korban gempa Turkiye dan Suriah oleh Ketua DKM Masjid Raya Al-Ittihad Legenda Wisata Cibubur Ustaz Girindra Fajar Satriya Putra (tengah) didampingi Koordinator Bidang Sosial Ustaz Teuku Akmal Putra (paling kanan), kepada Manajer Operasional MER-C Rima Manzaranis (Paling kiri) di Kantor Pusat MER-C, Jakarta, Sabtu (25/2/2023).(Foto: Doc. MINA)

Jakarta, MINA – Lembaga kegawatdaruratan medis Medical Emergency Rescue Committee () menerima donasi Kemanusiaan dari jamaah Masjid Raya Al-Ittihad Kota Legenda Wisata Cibubur untuk disalurkan bagi membantu penyintas gempa di dan .

Bantuan berupa donasi kemanusian yang terkumpul senilai RP13.300.030,- tersebut diserahkan secara simbolis oleh Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al-Ittihad Legenda Wisata Cibubur Ustaz Girindra Fajar Satriya Putra didampingi Koordinator Bidang Sosial Ustaz Teuku Akmal Putra, kepada Manajer Operasional MER-C Rima Manzaranis dan Tina Leonard selaku Sekretaris MER-C, di Kantor Pusat MER-C, Jakarta, Sabtu (25/2).

Koordinator Bidang Sosial DKM Masjid Raya Al-Ittihad Legenda Wisata Cibubur menyampaikan kepada MINA, donasi dikumpulkan melalui kegiatan penggalangan dana dari jamaah masjid, warga sekitar, dan donatur lainnya.

“Bantuan kemanusiaan ini merupakan bentuk empati dan wujud rasa solidaritas kita sebagai sesama muslim terhadap saudara muslim lainnya. Semoga ini dapat meringankan para korban yang terdampak musibah gempa di Turki dan Suriah,” katanya usai menyerahkan donasi kepada MER-C.

Dia mengatakan, kegiatan penggalangan dana untuk korban gempa Turkiye dan Suriah dilakukan sejak hari pertama pasca gempa terjadi, melalui koordinasi dengan tim MER-C.

“Kami memilih MER-C sebagai wadah penyaluran donasi kemanusiaan yang kami himpun, karena MER-C menurut kami sudah teruji transparasi dan akuntabilitasnya sehingga bisa dipercaya menjalankan amanah ini. Alhamdulillah, sambutan dari jamaah masjid dan warga sekitar sangat antusias,” pungkasnya.

Teuku Akmal menambahkan, DKM Masjid Raya Al-Ittihad Kota Legenda Wisata Cibubur masih membuka donasi bantuan kemanusiaan penyintas gempa di Turkiye dan Suriah ini.

“Semoga ini bisa menjadi manfaat untuk masyarakat Turki dan Suriah yang terdampak gempa di sana dan mudah-mudahan ini menjadi catatan amal saleh kita semua,” tuturnya.

Sebelumnya, DKM Masjid Raya Al-Ittihad Legenda Wisata Cibubur berkerja sama dengan MER-C dalam program penyaluran bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Palestina.

Manajer Operasional MER-C Rima Manzaranis menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada DKM Masjid Raya Al-Ittihad Legenda Wisata Cibubur, khususnya jamaah masjid dan masyarakat sekitar, atas perhatian dan inisiasinya dalam penggalangan dana untuk korban gempa di Turkiye dan Suriah, yang memang sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak.

“Bantuan ini akan segera disalurkan kepada korban gempa di Turkiye dan Suriah melalui tim yang berada di lokasi bencana yang sedang menjalankan misi kemanusiaan di sana,” kata Rima.

Dia menyampaikan, donasi yang dihimpun dan diterima MER-C disalurkan sesuai dengan akad dan amanah para donatur melalui rekening-rekening amanah MER-C.

“Donasi dari masyarakat yang dihimpun akan langsung disalurkan melalui relawan yang mempunyai sifat amanah, profesional, netral, mandiri, sukarela, dan mobilitas tinggi, yang terjun langsung menjalankan misi kemanusiaan di wilayah bencana,” ujarnya.

Dalam melaksanakan misinya, MER-C telah melaksanakan lebih dari 300 misi kemanusiaan bencana alam, perang dan konflik, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Rima menjelaskan, saat ini Tim Medis MER-C melanjutkan misi kemanusiaan ke Suriah dalam rangka membantu korban bencana dahsyat di negara ini.

Tim yang ditugaskan terdiri dari lima orang relawan dokter dan perawat bedah ini sebelumnya telah menunaikan Misi Kemanusiaan ke wilayah terdampak gempa di Turkiye selama dua pekan.

Tim Medis MER-C yang kini sedang berada di Damaskus Suriah rencananya akan bertugas selama satu pekan membantu para penyintas gempa di wilayah gempa yang masih membutuhkan bantuan medis.

“Mohon doanya agar tim kami bisa menunaikan amanah ini dengan baik dan misi kemanusiaan ini diberi kelancaran. Kami berharap bisa masuk ke wilayah-wilayah terdampak gempa di Suriah yang masih minim bantuan khususnya bantuan medis. Kami juga akan melakukan assessment untuk kebutuhan pengiriman tim lanjutan atau bantuan lainnya,” tambahnya.

Dukungan dan donasi bagi Misi Kemanusiaan MER-C bagi korban gempa bumi di Turki dan Suriah dapat disalurkan melalui: BCA, 686.0099339; BSI, 701.565.8918; Mega Syariah, 1000.209.400; Atas nama: Medical Emergency Rescue Committee. Info lebih lanjut: Call Center MER-C 0811990176.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.