Masyarakat Diminta Waspadai Kejahatan Anak Melalui Media

Bogor, 16 Rajab 1438/14 April 2017 (MINA) – Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Cileungsi Kompol Joko Mulyana meminta masyarakat untuk mewaspadai media sosial (medsos) yang dijadikan alat untuk menyebarkan video kekerasan terhadap anak.

Hal itu disampaikan Joko saat Seminar Pendidikan tentang Bully yang diselenggarakan oleh Mahasiswa STAI Al Fatah Cileungsi, Bogor, Jum’at (14/4).

“Peran medsos ini bagi anak-anak sangat berpengaruh. Apalagi  medsos di zaman sekarang sudah sangat maju. Video-video kekerasan sangat mudah diakses melalui medsos,” katanya.

Joko kemudian membeberkan cara terbaik menanggulangi kejahatan terhadap anak. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan dua cara, pertama meningkatkan peran medsos itu sendiri untuk hal yang positif.

“Memerangi kejahatan yang dilakukan dengan media harus ditanggulangi dengan media pula,” tuturnya.

Selain meningkatkan peran media, ia juga menekankan pentingnya peran orang tua untuk memperhatikan gerak-gerik anaknya ketika bermain di luar jam belajar.

“Sikap anak juga harus diperhatikan. Kalau bisa, anak yang belum cukup umur jangan dulu dibelikan smartphone,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar, Agus Nursalim mengatakan, penyelenggaraan seminar ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus kejahatan terhadap anak di bawah umur.

“Ini sebagai bentuk keprihatinan kita, karena banyaknya kejahatan terhadap anak di bawah umur. Juga kebiasaan buruk bully. Nah kebiasaan buruk inilah yang ingin kita ubah,” katanya.

Menurut Agus, penanggulangan melalui seminar dirasa sangat penting, mengingat hal itu langsung disampaikan oleh pakar di bidangnya.

Hadir sebagai pembicara di antaranya; Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur, Psikolog Adelina Syarif, M.Psi, dan ratusan tamu undangan lainnya. (L/R06/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.