Media: Ratusan Relawan White Helmet Suriah Dievakuasi oleh Israel ke Yordania

Yerusalem, MINA – Sekitar 800 anggota kelompok relawan Pertahanan Sipil () Suriah dan keluarganya dievakuasi melalui ke Yordania pada Ahad (22/7) dari Suriah barat daya, tempat serangan pemerintah Suriah yang didukung Rusia sedang berlangsung terhadap oposisi, menurut media Israel.

Dalam sebuah pernyataan, militer Israel mengatakan bahwa mereka telah menyelesaikan “upaya kemanusiaan untuk menyelamatkan anggota organisasi sipil Suriah dan keluarganya … karena ancaman langsung terhadap kehidupan mereka.”

Dikatakan bahwa evakuasi dilakukan atas permintaan Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Media Israel mengidentifikasi orang-orang Suriah sebagai anggota organisasi White Helmet, demikian Arab News melaporkan.

Secara resmi media tersebut menyebutnya Pertahanan Sipil Suriah yang dikenal dengan helm putih khas mereka.

Kelompok itu telah mengoperasikan layanan penyelamatan warga sipil di wilayah Suriah yang dikuasai oposisi.

Kantor berita resmi Petra melaporkan, Kerajaan Yordania “memberi wewenang kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengatur perjalanan sekitar 800 warga Suriah melalui Yordania untuk direlokasi di negara-negara Barat.”

Militer Suriah yang didukung oleh operasi udara Rusia telah maju ke pinggiran provinsi Quneitra, setelah serangan bulan lalu mengusir kelompok oposisi di provinsi Daraa yang dulunya didukung oleh Washington, Yordania dan negara Teluk. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.