Menag: Ajaran Islam Berjalan Selaras Dengan Derap Modernitas

Banten, MINA – Salah satu ciri peradaban Islam Indonesia adalah bahwa selama ini selalu dapat berjalan selaras dengan derap .

Demikian disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat tampil menjadi pembicara kunci, sekaligus membuka resmi International Conference on Islamic Studies (ICONICS) 2018 dengan tema Islamic Civilization in The Digital Age di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Senin (16/4).

“Ulama, juru dakwah, intelektual, akademisi, dan para politisi Muslim senantiasa berusaha mengembangkan pemahaman dan praktik Islam yang mendorong kemajuan bangsa,” kata Menag.

“Hasil dari usaha keras itu adalah berdirinya berbagai lembaga sosial keagamaan, pendidikan, pesantren, organisasi masyarakat, dan partai politik yang berada di bawah payung Islam. Semuanya itu bekerja dengan tujuan mengejar ketertinggalan dan menuju kemajuan,” sambungnya.

Dikutip dari rilis Kemenag, lebih penting dari itu, ujar Menag,  adalah upaya dari semua elemen Muslim itu tidak hanya dimaksudkan untuk kepentingan orang Islam saja, tetapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia.

“Dalam konteks ini, kelas menengah Muslim Indonesia merupakan ujung tombak yang mengakselerasi modernisasi bangsa secara keseluruhan,” tutur Menag. (R/R05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.