Menhub: Bandara Kertajati Siap Layani 20 Kloter Jamaah Haji

Majalengka, MINA – Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi mengatakan, akan ada 20 kloter yang berangkat dari Bandar Udara (Bandara) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat tahun ini.

resmi ditetapkan sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi tahun 2023/1444 Hijriah oleh Kementerian Agama.

“Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7 ribu sampai dengan 8 ribu jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati,” ujar Menhub usai peninjauan, seperti dikutip dari Setkab RI, Senin (20/3).

Bandara ini, kata Menhub, akan didukung oleh Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) yang ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan April mendatang.

Baca Juga:  Jelang Kemarau, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Panas

“Dengan beroperasinya jalan Tol Cisumdawu, waktu tempuh Bandung ke Kertajati maupun sebaliknya bisa ditempuh kurang lebih satu jam. Kita harapkan Bandara Kertajati akan semakin hidup, Tol Cisumdawu semakin ramai, dan masyarakat di sekitar Subang yang akan menuju bandara maupun sebaliknya semakin nyaman karena aksesibilitasnya semakin mudah,” ujarnya.

Jamaah haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati berasal berasal dari tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.