Menlu Indonesia-Bulgaria Bahas Kerjasama Pemberantasan Kejahatan Transnasional

Menlu RI Retno L.P Marsudi dan Menlu Bulgaria Daniel Mitov menandatangani Amandemen Perjanjian Bebas Visa Bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI-Bulgaria, Jakarta, (30/3). Foto: Kemlu RI
Menlu RI Retno L.P Marsudi dan Menlu Daniel Mitov menandatangani Amandemen Perjanjian Bebas Visa Bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI-Bulgaria, Jakarta, Rabu (30/3). Foto: Kemlu RI

Jakarta, 20 Jumadil Akhir 1437/30 Maret 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Bulgaria Daniel Mitov di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Rabu (30/3).

Kedua Menteri Luar Negeri (Menlu) membahas tentang kerja sama pemberantasan kejahatan transnasional. Kedua negara sepakat untuk mempercepat MoU kerja sama di bidang tersebut.

Berdasarkan rilis resmi Kementrian Luar Negeri RI, setelah pertemuan, keduanya menandatangani Amandemen Persetujuan Bebas Visa untuk Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas, yang sebelumnya telah berakhir pada tahun 2015. Dengan amandemen tersebut, persetujuan bebas visa bilateral telah diperpanjang oleh kedua belah pihak.

Dalam sektor kebudayaan, Menlu Retno mengatakan, kerja sama kebudayaan RI – Bulgaria yang signifikan menjadi sektor kunci dan aset dalam upaya peningkatan kerja sama bilateral -Bulgaria pada sektor lainnya .

Kerja sama kebudayaan antara kedua negara akan memberikan ruang yang lebih besar kepada warga negara kedua negara untuk lebih saling mengenal satu sama lain, termasuk mengetahui potensi ekonomi yang dimiliki oleh kedua negara.

Beberapa Perguruan Tinggi dan Universitas di Indonesia telah memiliki kerja sama pendidikan dengan Bulgaria, antara lain: Universitas Indonesia – Universitas Sofia, Varna Medical University – Universitas Airlangga, Institut Hindu Darma Negeri Denpasar – Universitas Plovdiv, ISI Surakarta – Plovdiv Academy of Dance, Music, and Fine Art, Universitas Gunadarma – Free Varna University, Technical University of Varna – Institut Teknologi Surabaya, Universitas Sofia – UHAMKA, dan Universitas Sofia – Universitas Gadjah Mada.

Di samping itu, Bulgaria juga merupakan salah satu negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur yang memanfaatkan program pengajaran Bahasa Indonesia untuk penutur asing dengan mendatangkan para pengajar bahasa Indonesia dari Indonesia sejak tahun 2009.

Potensi ekonomi antarkedua negara masih bisa lebih ditingkatkan di masa mendatang. Pada periode 2010-2015, volume perdagangan bilateral RI-Bulgaria berkisar antara USD 76-123 juta. Produk-produk Indonesia yang telah masuk ke pasar Bulgaria adalah biji tembaga dan konsentrat, margarin, minyak hewani dan nabati, kelapa, hasil turunan dari Kelapa Sawit, karet, kopi dan kertas. Sementara itu dari Bulgaria, Indonesia mengimpor tembakau, biji ketumbar, bahan kimia, komponen elektronik dan gandum.

Selama di Indonesia, Menlu Bulgaria direncanakan akan mengadakan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI dan Sekretaris Jenderal ASEAN. Menlu Mitov juga akan memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa Universitas Indonesia pada tanggal 31 Maret 2016.(T/P008/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.