MENLU ISRAEL SARANKAN WARGANYA TAK PERGI KE TURKI

Kementerian Luar Negeri Israel Avigdor Liberman (Foto : Anadolu Agency)
Kementerian Luar Negeri Israel Avigdor Liberman (Foto : Anadolu Agency)

Tel Aviv, 22 Ramadhan 1435/20 Juli 2014 (MINA) – Kementerian Luar Negeri Israel menyarankan warganya tidak bepergian ke Turki di tengah terjadi aksi protes terhadap penyerangan Israel ke Jalur Gaza di sejumlah kota Turki.

Israel harus menghindari kunjungan yang tidak penting ke Turki, warga Israel harus waspada dan menjahui aksi demonstrasi anti-Israel saat mereka berada di Turki, kata Avigdor Lieberman, demikian laporan Anadolu Agency, diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Aksi protes terjadi di sejumlah kota Turki, pada Jumat pagi terhadap serangan Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, yang telah menewaskan sedikitnya 341 warga Gaza dan lebih dari 2.560 lainnya terluka.

Operasi militer Israel dijuluki sebagai operasi “Ujung pelindung”, dimulai  7 Juli lalu, terhadap Gaza yang merupakan rumah bagi sekitar 1,8 juta warga Palestina dalam enam tahun terakhir.

Israel menarik diplomatnya dari pada Jumat, menyusul maraknya aksi demonstrasi di luar misi diplomatik di Turki.

Lieberman memberikan pernyataannya bahwa ia telah memerintahkan penarikan dari Ankara dan Istanbul.

Dia menyalahkan pejabat keamanan Turki yang tidak mengambil tindakan mencegah terjadinya kekerasan disana, Turki bertanggung jawab atas kesejahteraan dan keamanan para diplomat Israel di negara itu. (T/P012/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0