Menlu Retno Resmikan Jembatan Diplomasi di Kabupaten Garut

, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi meresmikan yang menghubungkan dua desa di Desa Cibunar, Garut, Jawa Barat.

Jembatan tersebut dibangun sebagai bentuk kepedulian para diplomat kepada warga yang terkena banjir dan longsor pada 2016.

“Ini masalah kemanusiaan dan masalah kemanusiaan, ini tidak punya batas. Siapa yang bisa bantu akan kami bantu. Walau profesi kami sebagai diplomat, kepedulian kami harus kami jaga,” ujar Menlu Retno di Garut, Jumat (13/7).

Ia menambahkan, meski berprofesi sebagai diplomat tetap harus peduli kesejahteraan dan keselamatan masyarakat di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno juga menjelaskan mengapa memberikan nama Jembatan Diplomasi. “Nama tersebut tentu supaya Bapak Ibu ingat kalau ada perbedaan maka selesaikan dengan musyawarah, dengan berdiplomasi, negosiasi, sehingga tidak ada konflik yang memecahkan kita.”

“Oleh karena itu, mari kita pupuk rasa toleransi harmonis, saling asah asuh asih secara terus menerus, sehingga kita bisa hidup tenang dan damai,” kata Menlu Retno.

Jembatan Diplomasi ini merupakan sumbangan dari ASEAN Charity Golf – Jakarta Ambassador Golf Association (JAGA) yang diketuai Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir. Jembatan ini menghubungkan Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong Kidul dan Desa Mangku Rakyat Kecamatan Cilawu.

Jembatan berkonstruksi baja sepanjang lebih kurang 50 meter. Jembatan sebenarnya telah selesai pada Januari lalu dengan proses pembangunan kembali dalam waktu tiga bulan.

Peresmian jembatan dihadiri oleh Wamenlu Fachir, Duta Besar (Dubes) Singapura, Deputy Asean Secretary, Bupati Garut, serta pejabat Kemlu. (RA-1/RI-1)

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: Rifa Arifin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.