Menlu RI Minta Investigasi Khashoggi Dapat Transparan dan Seksama

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi meminta investigasi kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi dapat dilakukan secara transparan dan seksama. 

“Saya menyampaikan kepada Menlu Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir bahwa saya mencermati juga pernyataannya yang menekankan akan mencari seluruh bukti terhadap kasus tersebut,” ujar Menlu Retno saat temu wartawan di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (23/10). 

Menlu Retno mengatakan, Indonesia sangat prihatin terhadap apa yang menimpa Khashoggi. Indonesia menyampaikan duka cita yang dalam kepada keluarga Jamal Khashoggi.

Sementara itu, Menlu Al-Jubeir mengatakan, bukti dari pembunuhan sudah disampaikan oleh jaksa penuntut umum, yang diluncurkan pada beberapa hari lalu dan menyatakan dari hasil investigasi tim dan apa yang terjadi di lapangan. Yaitu ditemukan adanya 18 tersangka sudah ditahan dan diberi sejumlah pertanyaan.

“Enam pejabat senior pemerintah saudi sudah diberhentikan dari posisinya,” katanya. Akan tetapi Menlu Al-Jubeir tidak menyebut apakah keenam pejabat senior tersebut terlibat kasus pembunuhan Khashoggi. 

Menlu Al-Juber menjelaskan, berbagai prosedur dan mekanisme yang diungkap ke publik adalah untuk memastikan hal yang menimpa Khashoggi tidak terulang kembali. 

“Kami akan terus menyampaikan perkembangan kasus ini kepada publik,” tegasnya.(L/R04/R01) 

Mi’raj News Agency (MINA)