Menlu RI: Saudi Persiapkan Pembukaan Umrah Bagi Jamaah Indonesia

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sedang mempersiapkan bagi jamaah Indonesia.

“Kedutaan (Kedubes Arab Saudi di Jakarta) telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi ,” ujar Menlu dalam video pers briefing, Sabtu (9/10) petang.

Menlu mengatakan, informasi tersebut diperoleh dari nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta yang disampaikan pada Jumat (8/10).

Dalam nota diplomatik tersebut, diinformasikan, komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah.

Selain itu, disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah.

Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan
yang dipersyaratkan.

“Tentunya kabar baik ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya,” ujar Menlu.

Menurut Menlu, kabar baik tersebut datang, tidak lepas dari upaya Pemerintah dan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin baik.

Menlu RI sendiri terakhir telah melakukan komunikasi dengan Menlu Arab Saudi Arabia di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di New York, Amerika Serikat bulan lalu. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.