Menristek Optimis Indonesia Menuju Higher Income Country pada 2045

Jakarta, MINA – Dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2020 yang resmi dibuka Presiden Joko Widodo pada Sabtu (4/6), Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Ka-BRIN) Bambang PS Brodjonegoro memperkenalkan konsep pendekatan Innovation Driven Economies atau ekonomi berbasis inovasi sebagai strategi menuju Higher Income Country 2045.

Menurut Bambang, meskipun indeks inovasi global Indonesia saat ini belum menggembirakan, namun keuntungan sumber daya alam yang melimpah dan bonus demografi bisa diarahkan untuk memacu peningkatan kapasitas inovasi dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Pada masa Revolusi Industri 4.0 ini memungkinkan kita melakukan inovasi yang berbasis digital dan teknologi guna memberikan nilai tambah pada sumber daya alam dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Maka peran perguruan tinggi untuk mencetak SDM unggul menjadi sangat penting dan merupakan syarat dalam ekonomi berbasis inovasi untuk mewujudkan Indonesia menjadi Higher Income Country 2045,” ujarnya.

“Memenuhi target kita di 2045 untuk menuju Higher Income Country di sinilah kita membutuhkan kerja keras bersama. Saya mengajak Bapak Ibu pimpinan perguruan tinggi untuk ikut berkontribusi dalam suatu pendekatan yang saya sebut sebagai Innovation Driven Economies,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, tantangan selanjutnya adalah menyampaikan pentingnya perubahan paradigma dari ekonomi berbasis sumber daya alam menjadi ekonomi berbasis inovasi.

“Dukungan Presiden RI Joko Widodo terhadap perkembangan pendidikan tinggi dan kemajuan Riset, Teknologi, dan Inovasi di Indonesia menjadi suatu momentum sinergi anak bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia menjelang 1 bulan perayaan Proklamasi Kemerdekaan Republik ke-75,” pungkasnya. (R/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)