Menteri Agama Apresiasi Tiga Pemda Pelopor MAN IC di Indonesia

Jakarta, 22 Rabiul Akhir 1438/21 Januari 2017 (MINA) – Kementerian Agama memberikan apresiasi kepada para Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota atas kontribusinya dalam memelopori pendidikan keagamaan di Indonesia.

Apresiasi dalam bentuk pemberian piagam itu diberikan langsung oleh Lukman Hakim Saifuddin kepada 3 dari 20 Pemda, di antaranya Pemerintah Kabupaten Muaro , Pemerintah Kota Selatan, dan Kabupaten Bone Bolango Gorontalo.

Dari laman resmi Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) terungkap bahwa apresiasi itu diberikan kepada tiga daerah tersebut karena telah menjadi pelopor awal berdirinya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cedekia () hingga banyak melahirkan lulusan yang berprestasi.

Daerah lainnya adalah, Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, Kota Kendari, Kota Batam Kepri, Kabupaten Paser Kalimatan Timur, Kabupaten Sambas Kalbar, Kabupaten Padang Pariaman Sumbar, Kabupaten Tanah Laut Kalimanan Selatan, Kota Palu Sulteng, Kabupaten Sorong Papua Barat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Aceh Timur, Kota Pekalongan Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan Sumut dan Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak masyarakat agar ajaran agama tidak hanya diajarkan dan disebarluaskan, tapi juga diejawantahkan. Menurutnya, agama harus lebih hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka merespon dan melayani kebutuhan masyarakat.

“Hadirkanlah agama degan sepenuh jiwa, hadirkan agama dengan segenap rasa, dan hadirkan agama dengan cinta,” terang Lukman di hadapan hadirin.

Lukman juga menyampaikan apresiasi kepada lebih dari 231 ribu ASN Kemenag yang berdiri di garis depan dalam mengemban visi dan misi Kemenag, sehingga kehadiran Kemenag dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Hadir dalam kesempatan itu sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI, tokoh agama, perwakilan ormas keagamaan, MUI, dan tentunya keluarga besar Kementerian Agama. Ikut memeriahkan acara, seniman Sujiwo Tejo dan Cak Lontong. (T/R09/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.