MERAUP BERKAHNYA RAMADHAN

Ust Nurhamid

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู ุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ู ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ููƒูู…ู’ ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชูŽุชูŽู‘ู‚ููˆู†ูŽ (ุงู„ุจู‚ุฑุฉ:183)

โ€œHai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.โ€ (QS. Al-Baqarah [2]: 183)

Maka dengan iman dan taqwa, Allah berjanji akan membukakan pintu-pintu berkahnya dari langit. Allah berfirman:

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽู‰ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุงุชูŽู‘ู‚ูŽูˆู’ุง ู„ูŽููŽุชูŽุญู’ู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ุฃุฑู’ุถู… (ุงู„ุฃุนุฑุงู:96)

โ€œSeandainya penduduk kampung beriman dan bertaqwa, niscaya Aku bukakan untuk mereka keberkahan dari langit dan bumiโ€ฆโ€ (QS. Al-Aโ€™raf [7]: 96)

Dengan taqwa pula, Allah akan memudahkan segala urusan hamba-Nya dan mendatangkan rizki yang tidak diduga-duga. Allah berfirman:

…ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽู‘ู‚ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุฎู’ุฑูŽุฌู‹ุง . ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ูŽุง ูŠูŽุญู’ุชูŽุณูุจู … (ุงู„ุทู„ุงู‚:2-3)

โ€œโ€ฆbarang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanyaโ€ฆโ€ (QS. At-Thalaq [65]: 2-3).

b.ย Diampuni dosa-dosa dan dihapus segala kesalahannya, sesuai dengan hadits dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏูŽู‘ู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰)

โ€œBarangsiapa yang berpuasa karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Taโ€™ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.โ€ (HR. Al-Bukhari).

c. Akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dalam sebuah hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu:

ู„ูู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ู ููŽุฑู’ุญูŽุชูŽุงู†ู ูŠูŽูู’ุฑูŽุญูู‡ูู…ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ููŽุฑูุญูŽ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู‚ููŠูŽ ุฑูŽุจูŽู‘ู‡ู ููŽุฑูุญูŽ ุจูุตูŽูˆู’ู…ูู‡ู.(ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰ ูˆ ู…ุณู„ู…)

โ€œBagi orang yang berpuasa itu ada dua kebahagiaan, berbahagia pada saat dia berbuka, berbahagia dengan puasanya itu dan pada saat ia berjumpa Rabb-nya.โ€ (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

d. Dibukakan pintu-pintu surga dan dikunci semua pintu neraka serta dibelenggunya syetan-syetan. Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ุฅูุฐูŽุง ุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ููุชูู‘ุญูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ูˆูŽุบูู„ูู‘ู‚ูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู ูˆูŽุตูููู‘ุฏูŽุชู ุงู„ุดูŽู‘ูŠูŽุงุทููŠู’ู†ู (ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏ)

โ€œApabila Ramadhan datang maka pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu.โ€ (HR. Ahmad).

Allah mengistimewakan kepada orang-orang yang berpuasa, bahwa meraka akan dimasukkan ke dalam surga lewat pintu khusus yang bernama Ar-Rayyaan sesuai dengan janji Allah yang diterangkan oleh Sahl bin Saโ€™ad Radhiallahu anhu dari Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, beliau bersabda:

ุฅูู†ูŽู‘ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ุจูŽุงุจู‹ุง ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ูŠูŽู‘ุงู†ู ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ู„ุงูŽ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰ ูˆ ู…ุณู„ู…)

โ€œSesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut ar-Rayyaan. Pada hari kiamat nanti orang-orang yang suka berpuasa akan masuk surga lewat pintu itu. Tidak ada seorang pun selain mereka yang diperkenankan (untuk masuk surga) lewat pintu itu.โ€ (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

e. Ditumbuhkan rasa syukur oleh Allah dalam jiwa, Allah Taโ€™ala berfirman:

…ูˆูŽ ู„ูุชููƒู’ู…ูู„ููˆุง ุงู„ู’ุนูุฏูŽู‘ุฉูŽ ูˆูŽู„ูุชููƒูŽุจูู‘ุฑููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ู‡ูŽุฏูŽุงูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชูŽุดู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ (ุงู„ุจู‚ุฑุฉ:185)

โ€œโ€ฆdan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa Ramadhan) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.โ€ (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

Dengan meningkatnya syukur kepada Allah, Allah berjanji akan menambah kenikmatannya:

ูˆูŽุฅูุฐู’ ุชูŽุฃูŽุฐูŽู‘ู†ูŽ ุฑูŽุจูู‘ูƒูู…ู’ ู„ูŽุฆูู†ู’ ุดูŽูƒูŽุฑู’ุชูู…ู’ ู„ุฃุฒููŠุฏูŽู†ูŽู‘ูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽุฆูู†ู’ ูƒูŽููŽุฑู’ุชูู…ู’ ุฅูู†ูŽู‘ ุนูŽุฐูŽุงุจููŠ ู„ูŽุดูŽุฏููŠุฏูŒ (ุฅุจุฑุงู‡ูŠู…:7)

โ€œDan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]:7)

2.ย ย ย  Mendekatkan diri Kepada Allah (Taqorrub)

Bentuk-bentuk taqarrub kepada Allah, diantaranya; menjaga shalat yang lima waktu, melaksanakan qiyamurramadhan atau tarawih, memperbanyak amalan sunnah, memperbanyak baca Al-Qurโ€™an (tadarrus), memperbanyak shadaqah, melaksanakan iโ€™tikaf pada sepuluh akhir Ramadhan.

a.ย ย ย  Menjaga Shalat Yang Lima Waktu

Diterangkan dalam hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ุงูŽู„ุตูŽู‘ู„ูŽูˆูŽุงุชู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ูˆูŽุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู…ููƒูŽููู‘ุฑูŽุงุชูŒ ู„ูู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู†ูŽู‘ ุฅูุฐูŽุง ุงุฌู’ุชูู†ูุจูŽุชู ุงู„ู’ูƒูŽุจูŽุงุฆูุฑูŽ(ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

โ€œShalat fardhu lima waktu, shalat Jumโ€™at ke Jumโ€™at berikutnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di antara masa tersebut seandainya dosa-dosa besar dijauhkannya.โ€(HR. Muslim)

Antara shalat dari shalat yang lima waktu berfungsi sebagai penghapus dosa-dosa, terlebih bila dikerjakan di dalam bulan Ramadhan. Akan berbeda pahalanya shalat lima waktu yang di kerajakan dalam bulan Ramadhan dengan yang dikejakan di luar bulan Ramadhan dengan pahala yang berlipat ganda sekaligus menghapus dosa.

b.ย ย ย  Melaksanakan Qiyaamul Lail atau Tarawih

Amalan sunnah yang paling ditekankan (muakkad) oleh Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pada setiap malam Ramadhan adalah qiyamul lail atau qiyamur ramadhan, sesuai dengan hadits dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑูŒ ูƒูŽุชูŽุจูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุตููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู†ูŽู†ู’ุชู ู„ูŽูƒูู…ู’ ู‚ููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ููŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽ ู‚ูŽุงู…ูŽู‡ู ุงููŠู’ู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽ ุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูู†ููˆู’ุจูู‡ู ูƒูŽูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽ ู„ูŽุฏูŽุชู’ู‡ู ุงูŽู…ูู‘ู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ุฎุฒูŠู…ุฉ)

โ€œBulan Ramadhan, adalah bulan yang Allah wajibkan atas kamu berpuasa dan aku telah mensunnahkan bagimu qiyamnya (shalat malam di malamnya). Maka barangsiapa yang berpuasa di siang harinya dan berqiyam di malam harinya karena iman kepada Allah dan mengharap pahala dan keridhoan-Nya, niscaya keluarlah dia dari dosa-dosanya seperti hari dilahirkan oleh ibunya.โ€ (HR. Ibnu Huzaimah)

Dalam hadits lain, Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa Sallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏูŽู‘ู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰)

โ€œBarangsiapa yang mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala (dari Allah), niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.โ€ (HR. Al-Bukhari)

c.ย ย ย  Memperbanyak Baca Al-Qurโ€™anul Karim (Tadarrus)

Al-Qurโ€™anul Karim adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah Taโ€™ala di bulan Ramadhan yang banyak mengandung berkah bagi umat Islam. Allah Taโ€™ala berfirman:

ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽ ูููŠู‡ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ู‡ูุฏู‹ู‰ ู„ูู„ู†ูŽู‘ุงุณู ูˆูŽุจูŽูŠูู‘ู†ูŽุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู‡ูุฏูŽู‰ูฐ ูˆูŽุงู„ู’ููุฑู’ู‚ูŽุงู†ู

โ€œBulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…โ€ [Al-Baqarah: 185]

Dan mendatangkan rahmat Allah, firman Allah:

ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูุชูŽุงุจูŒ ุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุงู‡ู ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒูŒ ููŽุงุชูŽู‘ุจูุนููˆู‡ู ูˆูŽุงุชูŽู‘ู‚ููˆุง ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชูุฑู’ุญูŽู…ููˆู†ูŽ (ุงู„ุฃู†ุนุงู…:155)

โ€œDan Al-Qur’an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.โ€ (QS. Al-Anโ€™am [6]:155)

Bahkan setiap Ramadhan Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam senantiasa menunjukkan bacaan Al-Qurโ€™an kepada malaikat Jibril, sebagaimana dijelaskan oleh sahabat Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma:

ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฌูุจู’ุฑููŠู’ู„ู ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ู ูƒูู„ูŽู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ูููŠู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽู†ู’ุณูŽู„ูุฎูŽ ูŠูŽุนู’ุฑูุถู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ.ย (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰)

โ€œJibril menemuinya setiap malam pada bulan Ramadhan hingga terbaring. Saat itu Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menunjukkan hapalan bacaan al-Qurโ€™annya pada Jibril.โ€ (HR. Al Bukhari)

Dengan Al-Qurโ€™an, Allah akan memberikan petunjuk kepada manusia ke jalan yang benar (QS. Al-Baqarah:185) dan pada hari kiamat Allah akan memberikan pertolongan (syafaโ€™at) yang tidak ada pertolongan pada hari itu kecuali pertolongan Allah semata. Sebagaimana hadits dari Abu Umamah, dari Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, beliau bersabda:

ุงู‚ู’ุฑูŽุกููˆุง ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ูŠูŽุฃู’ุชูู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ุดูŽูููŠุนู‹ุง ู„ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจูู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

โ€œBacalah Al-Quran, sesungguhnya dia (Al-Quran) itu akan memberikan pertolongan (syafaโ€™at) kepada pembacanya.โ€ (HR. Muslim)

d.ย ย ย  Memperbanyak Shadaqah

Bersedekah juga akan mendatangkan keberkahan, khususnya pada harta. Allah menjanjikan bagi mereka yang bersedekah akan dilipatgandakan pahalanya dan diganti sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat (HR. Al-Bukhari Muslim). Imam al-Bukhari dan Muslim mengeluarkan hadits dari Ibnu โ€˜Abbas Radhiyallahu nahuma, dia berkata:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูˆูŽุฏูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ุจูุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏู ู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู†ู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุญููŠู’ู†ูŽ ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ู ุฌูุจู’ุฑููŠู’ู„ู ููŽุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู‚ููŠูŽู‡ู ุฌูุจู’ุฑููŠู’ู„ู ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏูŽ ุจูุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฑูู‘ูŠู’ุญู ุงู„ู’ู…ูุฑู’ุณูŽู„ูŽุฉู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰)

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0