Meski di Perbatasan, Kampung Sadar Zakat Sakti Distribusikan Rp.660 Juta Sepanjang 2022

(Dok. Bimas Islam)

, MINA – (Sakti) berhasil menghimpun dan mendistribusikan dana , infak, dan sedekah sebesar 660 juta rupiah sepanjang tahun 2022.

Capaian ini terus meningkat dan kian dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

“Kami bersyukur karena masyarakat semakin bersemangat menitipkan zakat, infak, dan sedekahnya di Kampung Sadar Zakat Sakti. Tentu ini menambah motivasi agar kami semakin profesional dalam mengelola amanah umat,” ungkap Salmiah, Bendahara Kampung Sadar Zakat Sakti di Sebatik Timur, Senin (9/1/23).

Capaian senilai Rp 660.760.107,- merupakan akumulasi dari saldo akhir tahun 2021 senilai Rp 101.975.016,- dan penghimpunan sepanjang tahun 2022 senilai Rp. 597.527.610,-.

Salmiah yang merupakan Penyuluh Agama Islam KUA Sakti mengaku bersyukur atas kerja keras dan kolaborasi seluruh pihak.

“Ini merupakan kerja kolaborasi seluruh pihak. Terima kasih atas dukungan masyarakat, Kemenag Pusat, Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara, Kankemenag Kabupaten Nunukan, KUA dan Pemerintah Kecamatan Sakti,” ujarnya.

Salmiah menambahkan, kesadaran zakat masyarakat Pulau Sebatik kian meningkat sejak deklarasi Pulau Nunukan dan Sebatik sebagai Pulau Sadar Zakat oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin beberapa waktu lalu.

“Masyarakat sangat antusias. Meski jauh dari Ibu Kota Jakarta, kami tetap diperhatikan dan diapresiasi,” katanya.

Terkait distribusi, Kampung Sadar Zakat Sakti memiliki sejumlah program kemanusiaan dan pendidikan. Ada juga program mustahik menjadi muzaki melalui pemberian modal usaha dan pembinaan.

“Kampung Sadar Zakat Sakti selalu hadir saat ada warga tertimpa bencana di berbagai daerah. Terbaru, kita juga mengirim tanda cinta kepada korban gempa bumi Cianjur dan Garut. Kalau di Kecamatan Sakti, lebih dari 500 orang menerima manfaat dari program Kampung Sadar Zakat,” tambahnya. (L/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.