MUI Kab Bekasi Ajak Umat Islam Shalat Minta Hujan

, MINA – Majelis Ulama () Kabupaten Bekasi mengajak Umat Islam melaksanakan (shalat minta hujan) di wilayahnya masing-masing.

Hal ini tertuang dalam surat seruan MUI Kabupaten Bekasi Nomor: 05/MUI/KAB-BKS/VIII/2023 tentang Penyelenggaraan Shalat Sunnah Istisqa/Shalat minta hujan yang ditandatangani oleh Ketua MUI Kabupaten Bekasi KH. Madrais Hajar dan Sekretaris KH Muhiddin Kamal.

Seruan tersebut juga sejalan dengan peningkatan status Siaga Darurat Bencana menjadi Tanggap Darurat Bencana Kekeringan, yang diberlakukan Pemkab Bekasi mulai 31 Agustus sampai dengan 13 September 2023, sesuai SK Bupati Bekasi Nomor : HK.02.02/Kep.567-BPBD/2023.

“Dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dan berkenaan dengan kondisi kurangnya curah hujan di Kabupaten Bekasi maka MUI menyampaikan seruan kepada umat Islam untuk Shalat sunnah Istisqa secara berjamaah di Masjid atau di lapangan wilayah masing-masing,” kata Sekretaris MUI Kabupaten Bekasi KH Muhiddin Kamal, di Kompleks Pemkab Cikarang Pusat, Bekasi, Jum’at, (1/9).

Baca Juga:  Hasil Drawing Perempat Final Thomas Cup dan Uber Cup 2024 

Ia menerangkan, Shalat Sunnah Istisqa ini menurut keyakinan agama Islam, merupakan bentuk ikhtiar secara keagamaan dengan harapan hujan akan datang di musim kemarau yang terjadi disebabkan fenomena El-Nino di Kabupaten Bekasi.

Rencananya MUI Kabupaten Bekasi juga akan menggelar Shalat Istisqa ini secara berjamaah di masjid/lapangan kompleks Pemkab Cikarang Pusat.

“Nanti kami konsultasikan dahulu ke bagian Kesra untuk pelaksanaannya. Kami berharap seruan ini disampaikan untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sebagaimana seruan yang sudah diedarkan,” imbuhnya.

Merujuk pada data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Bekasi Rabu (30/8) pukul 19.10 WIB, tercatat ada 23 desa di 9 kecamatan yang terdampak kekeringan, dengan jumlah warga terdampak sebanyak 6.675 kepala keluarga atau 25.204 jiwa.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Adapun sembilan kecamatan terdampak kekeringan yakni Kecamatan Cibarusah, Bojongmangu, Serang Baru, Cikarang Pusat, Pebayuran, Sukawangi, Babelan, Tarumajaya dan Muaragembong.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan hari ini Jum’at (1/9) telah turun langsung bersama BPBD, PMI, Baznas, Damkar untuk mendistribusikan air ke Desa Ridogalih Kecamatan Cibarusah. R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.