Munif Chotib : Sebelas Cara Mengatasi Adiktif Gadget Pada Anak

Cibubur, Bekasi, MINA – Praktisi Pendidikan Nasional, Munif Chotib, mengemukakan, sebelas cara mengatasi adiktif gadged pada anak, untuk menghindari pengaruh dampak negatif dari penggunaan gadged.

Hal itu ia sampaikan dalam acara webinar pendidikan dengan tema “Mengatasi Adiktif Gadged Pada Anak” yang diselenggarakan oleh Radio Silaturahim (Rasil) pada Ahad, (29/11).

Cara mengatasi hal tersebut, menurutnya, meliputi : pertama orang tua harus menghilangkan ketergantungan anak pada gadged, kedua melarang anak balita menggunakan gadget, ketiga berikan batasan waktu kepada anak dengan perjanjian tertulis, keempat discovering ability atau fokus pada kemampuan jangan bangun penghalang.

Kelima, memahami kebutuhan anak, keenam meluangkan waktu anda untuk anak, ketujuh bermain bersama anak di rumah, kedelapan batasi penggunaan jaringan internet di rumah, kesembilan gunakan gadged sebagai alat untuk mengerjakan tugas, efisien, efektif dan easy.

Selanjutnya, kesepuluh buatlah proyek pengetahuan bersama anak dengan gadget dan kesebelas, ajaklah anak anda untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.

“Di saat penggunaan gadged tidak berkaitan dengan sebuah tugas, maka kita sebagai orangtua harus menyampaiakan kepada anak, dunia nyata lebih keren dari pada dunia maya, karena ada yang hilang di dunia maya dan ada yang perlu dipertahankan di dunia nyata,” pesannya. (L/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)