Museum Palestina Buka Pameran Baru Bertajuk “A People by the Sea”

Ramallah, MINA – pada Rabu (29/9) membuka pameran barunya bertajuk “A People by the Sea: Narratives of the Palestine Coast”. Pameran akan berlangsung hingga 31 Oktober 2022.

Pameran ini merupakan pergeseran dalam menghadirkan narasi . Mulai dari pertengahan abad ke-18 dan berakhir pada tahun 1948, pameran ini memungkinkan untuk pemeriksaan ulang Nakba melalui presentasi dari dua ratus tahun landmark bersejarah pada sejarah pantai Palestina. WAFA melaporkan.

Pameran ini mencakup narasi terfokus: Yang pertama menyoroti kebangkitan Akka (Acre) pada pertengahan abad ke-18, menyajikan sejarah politik, ekonomi, perkotaan, dan arsitekturnya sebelum pembentukan negara modern di wilayah tersebut.

Narasi kedua berfokus pada kebangkitan Yafa (Jaffa) di abad ke-19, dengan konsentrasi modal dan perdagangan bertahap di kota-kota pesisir Palestina.

Ini disertai dengan pengaruh Eropa yang berkembang pada pertengahan abad ke-19, yang menyebabkan Nakba abad ke-20 dan jatuhnya negara.

Berbagai pameran berupa gambar dan video arsip, artefak sejarah dari kehidupan sehari-hari warga Palestina, karya seni asli, stasiun interaktif, peta, kesaksian sejarah lisan, dan dokumen sejarah yang membuktikan keberadaan Palestina yang abadi dan vital di perkotaan, arsitektur, ansambel dan penataan ekonomi, sosial, dan politik, sebelum pembentukan negara-bangsa modern dan demarkasi batas-batas politik berikutnya. Kehadiran itu terus dibangun dan diperkuat melalui ketabahan dan kemauan rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, serta ikatan erat mereka dengan darat dan laut mereka.

“Dengan pameran baru ini, Museum terus mewujudkan misinya untuk menghasilkan dan menyebarluaskan pengalaman belajar emansipatoris tentang Palestina dan aktivitas intelektual, merupakan arah baru dalam produksi pengetahuan di Palestina. Sebuah sintesis dari materi dokumenter, intervensi seni dan desain, yang memberikan ruang untuk refleksi dan mengalami masa lalu secara sensorik dan kognitif,” kata Direktur Jenderal Museum Palestina, Adila Laïdi-Hanieh.

Sementara itu, kurator tamu Inass Yassin mengatakan: “melalui pameran ini, kami berhasil fokus pada narasi orang-orang negeri ini, diperkaya dengan pengalaman pribadi, dan kronologi yang membentang 200 tahun. Yang terpenting, kami menempatkan Nakba di tempatnya. konteks sejarah yang lebih luas.” (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.