Olahraga Cricket Indonesia Masuk Peringkat 20 Dunia

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali mengapresiasi salah satu cabang olahraga Indonesia, yaitu cricket yang berhasil menduduki peringkat 20 dunia. Hal itu disampaikan saat membuka Kejuaraan Cricket Independence Day 2020, Selasa sore melalui virtual dari Ruang Sidang, Lantai 10, Kemenpora, Jakarta. Ikut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Persatuan Cricket Indonesia Azis Syamsudin.

“Saya harus mengapresiasi PP PCI yang sudah dua kali mengelar kejuaraan di masa pandemi Covid-19 ini, luar biasa Pak Aziz dan temen-teman. Saya minta supaya para stakeholder cricket Indonesia untuk tetap bersemangat walaupun di tengah pandemi ini,” katanya dalam laman resmi Kemenpora yang dikutip MINA, Rabu (19/8).

“Saya senang karena sekarang kita peringkat ke 20. Saya punya keyakinan kalau kita kompak, kita semangat dan kita bersama-sama, maka Insya Allah, kita akan lebih bisa meningkat lagi prestasinya dan peringkatnya bisa lebih baik lagi,” tambahnya.

Lebih lanjut Menpora mengatakan, PON XX 202I di Papua, Cricket adalah salah satu cabang yang dipertandingkan. Menurutnya, venue Cricket di Papua adalah yang paling bagus.

“Sekali lagi saya ingin mengulangi bahwa venuenya sudah selesai dan venue yang paling bagus yang pernah saya lihat. Ini bisa dimanfaatkan terus, venue tersebut bukan untuk PON saja, tapi juga untuk kejuaraan internasional,” ucapnya.

Menpora RI juga meminta kepada Ketum PCI untuk melobi negara-negara Asean agar cabor Cricket dipertandingkan di Sea Games 2021 mendatang di Hanoi, Vietnam.

Sementara itu, Azis Syamsudin mengatakan, kejuaraan Cricket ini di gelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-75 RI. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini menjadi suatu karya khususnya di cabang olahraga.

“Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi kenangan kita semua khususnya di cabang olahraga. Sebagai informasi saja, cabor Cricket ini menduduki peringkat 20 dunia. Dan saya bangga dengan ini,” ucapnya.

Kriket adalah sebuah olahraga tim yang dimainkan antara dua kelompok yang masing-masing terdiri dari sebelas orang. Bentuk modern criket berawal dari Inggris, dan olahraga ini populer di negara-negara Persemakmuran. (R/R11/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)