Pakar Teknologi Informasi: Indonesia Punya Potensi Besar Kembangkan Big Data

Pembukaan Konferensi Big Data Indonesia 2016, Kamis (8/11). (Foto: Risma MINA)

 

Jakarta, 8 Rabiul Awwal 1438/8 Desember 2016 (MINA) – CEO SOLUSI247, Dr. Ir. Andrian Andaya Lestari mengatakan, Masyarakat Indonesia secara cepat bergerak menjadi bagian dari masyarakat digital dunia, menjadi penghasil dan pengguna data yang masif.

“Teknologi menyusup sampai ke sudut-sudut kehidupan masyarakat. Kegiatan ekonomi, gaya hidup, sampai riuh rendahnya situasi sosial politik dan arah kebijakan pemerintah tidak lagi dapat lepas dari teknologi dan data,” katanya dalam acara Konferensi Big Data Indonesia 2016, di Auditorium , M. H. Thamrin, Jakarta, Kamis (8/12).

Ia menambahkan, pemanfaatan data menjadi sebuah keharusan untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Jumlah penduduk yang besar, wilayah yang luas, dan berbagai potensi menjadi sumber data yang sekaligus memerlukan data untuk mengolahnya.

Big Data Indonesia adalah wadah bagi para profesional, akademisi, maupun peminat big data dari seluruh penjuru Indonesia yang bertujuan untuk memasyarakatkan dan mendorong pengiasaan teknologi big data dan pemanfaatannya untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Konferensi tahun ini merupakan yang ke tiga kalinya. Sebelumnya idBigdata telah menyelenggarakan KBI2015 di Yogyakarta KBI2015 di Bandung, serta konferensi tahun ini menghadirkan puluhan pakar sebagai pembicara dan narasumber yang mewakili berbagai bidang. (L/ima/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.