Palestina dan Hamas Kecam Penangguhan Pendanaan UNRWA dari Negara-negara Barat

, MINA – Para pejabat tinggi dan telah mengecam keputusan negara- yang menangguhkan pendanaan kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), dan menyerukan pembatalan segera tindakan tersebut, karena mengandung risiko “besar”.

Mengutip kantor berita Al Jazeera pada Sabtu (28/1) melaporkan, UNRWA sebelumnya mengatakan pihaknya telah membuka penyelidikan setelah menuduh beberapa karyawannya terlibat dalam serangan 7 Oktober yang memicu konflik saat ini.

Hal ini telah mendorong setidaknya 10 negara Barat menarik atau menghentikan sementara pendanaan untuk badan tersebut. Sebuah tindakan yang disebut pimpinan UNRWA sebut langkah “mengejutkan”.

“Penangguhan dana mengancam pekerjaan kemanusiaan di kawasan ini, terutama di Gaza,” kata Komisaris Jenderal UNRWA, Philippe Lazzarini dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam.

Ia mendesak negara-negara yang telah membekukan dana untuk “mempertimbangkan kembali keputusan mereka” karena Gaza menghadapi risiko kelaparan massal.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Hussein al-Sheikh mengatakan keputusan negara-negara tersebut “mengandung risiko bantuan politik dan kemanusiaan yang besar”.

“Pada saat ini dan mengingat agresi yang terus berlanjut terhadap rakyat Palestina, kami memerlukan dukungan maksimal untuk organisasi internasional ini dan tidak menghentikan dukungan dan bantuan terhadapnya,” tulisnya di X, mendesak negara-negara tersebut untuk “segera membatalkan keputusan mereka.

Amerika Serikat, Australia, Kanada, Italia, Jerman, Finlandia, Belanda, Swiss, Inggris dan Skotlandia telah menghentikan pendanaan untuk badan tersebut, yang fasilitasnya di mana pengungsi Palestina mencari perlindungan, telah berulang kali diserang dalam serangan udara Israel.

Baca Juga:  Arab Saudi, Maroko, dan Mesir Serukan Gencatan Senjata di Tengah Agresi Israel

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan negara beranggotakan 27 itu akan “menilai langkah lebih lanjut dan mengambil pelajaran berdasarkan hasil penyelidikan penuh dan komprehensif”.

Irlandia dan Norwegia, bagaimanapun, menyatakan dukungan berkelanjutan untuk UNRWA, dengan mengatakan bahwa badan tersebut melakukan pekerjaan penting untuk membantu warga Palestina yang kehilangan tempat tinggal, dan sangat membutuhkan bantuan di Gaza.

Penyelidikan

Hamas pada hari Sabtu mengecam “ancaman” Israel terhadap badan tersebut, setelah Israel menuduh beberapa staf UNRWA terlibat dalam serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, yang menurut pihak berwenang di sana menewaskan sekitar 1.140 orang.

“Kami meminta PBB dan organisasi internasional untuk tidak menyerah pada ancaman dan pemerasan” dari Israel,” kata kantor pers Hamas dalam sebuah postingan di Telegram.

Pada hari Jumat, UNRWA mengatakan telah memecat beberapa pegawainya dan telah membuka penyelidikan atas tuduhan tersebut.

“Pihak berwenang Israel telah memberikan informasi kepada UNRWA tentang dugaan keterlibatan beberapa pegawai UNRWA dalam serangan mengerikan terhadap Israel pada 7 Oktober,” kata Lazzarini.

“Untuk melindungi kemampuan badan tersebut dalam memberikan bantuan kemanusiaan, saya telah mengambil keputusan untuk segera mengakhiri kontrak para anggota staf, ini dan meluncurkan penyelidikan untuk mengungkap kebenaran tanpa penundaan,” tambahnya.

Dia tidak mengungkapkan jumlah pegawai atau sifat dugaan keterlibatan mereka, namun mengatakan bahwa “setiap pegawai UNRWA yang terlibat dalam aksi teror” akan dimintai pertanggungjawaban, termasuk melalui tuntutan pidana.

Baca Juga:  Dukungan Mahasiswa AS untuk Palestina Menginspirasi Dunia

Segera setelah itu pada hari Jumat, AS mengumumkan penghentian pendanaan untuk UNRWA karena tuduhan terhadap 12 karyawan yang “mungkin terlibat” dalam serangan Hamas.

Menteri Pembangunan Internasional Kanada Ahmed Hussen juga mengatakan pada hari Jumat bahwa Ottawa telah menghentikan sementara, pendanaan tambahan sementara UNRWA melakukan penyelidikan menyeluruh.

Pembekuan Bantuan

Pada hari Sabtu, Inggris mengatakan telah bergabung dengan AS dalam “menghentikan sementara” bantuan keuangan masa depan untuk UNRWA, yang hampir seluruhnya didanai oleh kontribusi sukarela dari negara-negara anggota PBB.

“Inggris terkejut dengan tuduhan bahwa staf UNRWA terlibat dalam serangan tanggal 7 Oktober terhadap Israel. Sebuah tindakan terorisme keji yang telah berulang kali dikutuk oleh Pemerintah Inggris,” kata Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran dalam sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani mengatakan negaranya bergabung dengan sekutunya dan menghentikan dukungannya terhadap badan tersebut.

“Negara-negara sekutu telah mengambil keputusan serupa. Kami berkomitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk Palestina sekaligus melindungi keamanan Israel,” tulisnya di X.

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan jika dia “sangat prihatin” dengan tuduhan terhadap UNRWA, namun menyambut baik penyelidikan badan tersebut.

“Kami sedang berbicara dengan mitra dan akan menghentikan sementara pencairan dana baru-baru ini,” tulisnya di X.

Menteri Perdagangan dan Pembangunan Belanda, Geoffrey van Leeuwen, mengumumkan pembekuan pendanaan sementara penyelidikan sedang berlangsung.

Baca Juga:  Serangan Al-Qassam Tewaskan dan Lukai Sejumlah Tentara Israel di Kerem Shalom

“Tuduhannya adalah serangan itu dilakukan pada tanggal 7 Oktober dengan dana PBB, dengan uang kami,” katanya kepada lembaga penyiaran publik NOS pada hari Sabtu.

Kementerian Luar Negeri Jerman juga menghentikan pendanaan, dengan mengatakan: “Sampai penyelidikan berakhir, Jerman, berkoordinasi dengan negara donor lainnya, untuk sementara tidak akan menyetujui dana baru untuk UNRWA di Gaza.”

Menghentikan Kegiatan UNRWA

Israel memuji negara-negara yang telah menghentikan dukungan mereka kepada badan PBB tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka ingin sepenuhnya menghentikan operasinya setelah perang di Gaza berakhir.

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan Israel “bertujuan untuk mempromosikan kebijakan yang memastikan bahwa UNRWA tidak akan menjadi bagian pada hari berikutnya, dengan mengatasi faktor-faktor lain yang berkontribusi”.

“Kami akan berupaya menggalang dukungan partisan di AS, Uni Eropa, dan negara-negara lain secara global untuk kebijakan yang bertujuan menghentikan aktivitas UNRWA di Gaza,” katanya.

UNRWA didirikan setelah pembentukan negara Israel pada tahun 1948 untuk memberikan pendidikan, perawatan kesehatan, layanan sosial dan pekerjaan kepada ratusan ribu pengungsi Palestina, yang terpaksa mengungsi. Ini mulai beroperasi pada tahun 1950.

Badan yang kekurangan uang ini saat ini memberikan bantuan kepada hampir 6 juta warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki, serta di negara tetangga Yordania, Suriah dan Lebanon.

Tempat perlindungan badan tersebut di Gaza juga telah berulang kali menjadi sasaran rudal Israel selama perang, meskipun ada permohonan agar jalur aman untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah berjanji untuk melakukan “peninjauan independen yang mendesak dan komprehensif terhadap UNRWA” setelah tuduhan Israel.(T/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.