Palestina Gagal Melaju ke Semifinal Piala Asia AFC U-23

(Foto: Fox Sport)

Chalzou, Cina, MINA – Perjalanan U-23 untuk terus melaju di (Konfederasi Sepak Bola Asia – ) U-23 harus terhenti setelah takluk dengan skor tipis 2-3 dari Qatar dalam pertandingan yang dimainkan di Changzhou Olympic Sports Center, Cina, Jumat (19/1).

Meski gagal melaju ke semifinal, tim sepak bola Palestina U-23 sudah mencetak sejarah dengan penampilan pertama Palestina hingga dapat melangkah ke perempatfinal untuk pertama kali di turnamen sepakbola Piala Asia AFC U-23, demikian laporan Kantor Berita Palestina WAFA yang dikutip MINA.

Qatar mencetak dua gol di babak pertama. Kedua gol disarangkan pemain Qatar Ali Abdulla pada menit 32 dan 34. Negara teluk itu kemudian mencetak gol ketiganya di awal babak kedua melalui gelandang Hashim Ali pada menit ke-53.

Beberapa menit setelah gol ketiga Qatar, penyerang Palestina Oday Dabbagh mencetak gol pertamanya dalam pertandingan tersebut, kemudian mencetak gol kedua oleh gelandang Mohamed Darwish, tiga menit sebelum akhir babak kedua.

Tim Palestina bermain dengan 10 pemain setelah kehilangan satu pemain di menit ke-77 karena mendapat dua kartu kuning.

“Tim kami bermain sangat buruk di babak pertama dan membuat banyak kesalahan yang membuat Qatar mencetak dua gol, membuat usaha kami semakin sulit,” kata pelatih timnas Palestina Ayman Sandouka.

“Kinerja kami jauh lebih baik di babak kedua setelah gol Qatar ketiga di awal babak kedua. Saya membuat beberapa perubahan dalam permainan setidaknya dapat mencetak gol cukup untuk meraih hasil imbang,” tambahnya.

Dia mengatakan, gol pertama pemain Palestina pada menit ke-60 memberi harapan kepada para pemain dan ada peluang untuk mencetak lebih banyak gol tapi keberuntungan belum diraih tim nasional negara yang masih diduduki Israel itu.

Jibril Rjoub, Ketua Komite Olimpiade dan Asosiasi Sepak Bola Palestina yang hadir bersama tim Olimpiade di Changzhou, menggambarkan partisipasi Palestina dalam pertandingan AFC U-23 dan berhasil mencapai perempat final sebagai momen “bersejarah.”

“Tim kami memberikan pertunjukan yang terhormat di semua pertandingan di kejuaraan (AFC U-23), yang jelas dari hasil lolos ke perempat final bersama dengan juara saat ini, Jepang,” katanya.

Palestina, berada di peringkat tujuh di Kejuaraan AFC U-23, berhasil melaju ke perempat final setelah menang mengesankan saat melawan Thailand dengan skor 5-1 pada hari Selasa (16/1).

Sebelumnya, Palestina kalah satu pertandingan di pertandingan grup AFC U-23 saat melawan Jepang, juara AFC U-23 saat ini, yang hanya dapat mencetak satu gol melawan Palestina, dan bermain imbang 1-1 dalam pertandingan lain melawan Korea Utara.

Tim sepak bola Palestina berada di peringkat 75 di Peringkat Dunia FIFA untuk pria, masuk dalam peringkat terbaiknya. (T/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.