Palestina: Terima Kasih Indonesia Tolak Hubungan dengan Israel

Ramallah, MINA – Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang telah menolak hubungan diplomatik dengan dan berkomitmen untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Hal tersebut Abbas sampaikan dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo, Rabu (16/12). Kantor Berita Nasional Palestina Wafa melaporkannya.

Abbas juga menghargai sikap Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina di forum internasional, melalui keanggotaannya di Dewan Keamanan PBB.

Dalam pembicaraan itu, Presiden Palestina menginformasikan tentang perkembangan terbaru dalam perjuangan Palestina dan upaya untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina.

Sementara itu, Presiden Jokowi menegaskan komitmen dan prinsip negaranya terhadap masalah Palestina.

“Meskipun terjadi perubahan cepat di Timur Tengah, Indonesia tidak akan mengambil langkah apa pun untuk normalisasi dengan Israel sampai perdamaian permanen dan komprehensif tercapai antara Palestina dan Israel,” ujar Jokowi.

Baca Juga:  MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

Ia menambahkan, Indonesia sebagai negara dengan Muslim terbesar akan terus berupaya mendukung pencapaian perdamaian dan berperan lebih besar.

Presiden Jokowi menyatakan akan mengirim Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi untuk bertemu dengan Menlu Palestina, Riyad Al-Maliki, sebagai bagian dari upaya Indonesia untuk mendukung perdamaian Palestina.(T/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.