PASUKAN PESHMERGA KURDI KEEMPAT BERANGKAT KE SURIAH MELALUI TURKI

Rombongan pasukan Peshmerga menuju bandara di Erbil, Irak, Jumat 27 Februari 2015. (Foto: AA)
Rombongan pasukan Peshmerga menuju bandara di Erbil, Irak, Jumat 27 Februari 2015. (Foto: AA)

Erbil, Irak, 9 Jumadil Awwal 1436/28 Februari 2015 (MINA) – Pasukan Peshmerga Kurdi keempat dari Irak saat ini dalam perjalanan menuju provinsi Sanliurfa, Turki, untuk masuk ke kota Kobane, Suriah.

Koresponden Anadolu Agency di Erbil, Irak, melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), 124 personil pasukan Peshmerga berangkat Jumat (27/2) menuju bandara di Erbil, ibukota Pemerintah Daerah Kurdi Irak.

Wakil Menteri Peshmerga, Enver Haci Osman, dalam konferensi pers menjelang keberangkatan pasukan itu, menyatakan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Turki yang mengizinkan pasukannya pergi ke Suriah melalui wilayah Turki.

Baca Juga:  Turkiye Identifikasi Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran

Pemerintah Daerah Kurdi Irak menggantikan pasukannya di Kobane setiap bulan untuk menghindari kelelahan.

Pasukan Peshmerga angkatan sebelumnya terdiri 160 tentara, menyeberangi perbatasan Turki-Suriah masuk Kobane pada 16 Januari untuk membantu pasukan Kurdi lokal yang memerangi kelompok Negara Islam (IS) atau ISIS yang dikenal juga sebagai Daesh.

Pemerintah Daerah Kurdi Irak mengirim pasukan angkatan pertama ke Kobane pada 28 Oktober 2014, setelah mendapat izin dari Turki.

Keputusan mengirim pasukan ke Kobane diambil ketika pejuang ISIS pada pertengahan September berusaha menguasai kota Kurdi itu, yang terletak beberapa kilometer dari perbatasan Turki.

Bentrokan antara pejuang Kurdi Suriah dan ISIS di Kobane memaksa sekitar 200.000 orang mengungsi ke Turki pada akhir 2014.

Baca Juga:  Turkiye Identifikasi Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran

Pada akhir Januari 2015, pasukan Kurdi mengatakan mereka telah membebaskan Kobane dari pejuang ISIS.

Namun, pihak berwenang Kurdi Irak telah mengatakan, mereka akan terus mengirim pasukan ke Kobane selama Satuan Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang bertempur di Suriah membutuhkan mereka. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Comments: 0