Pasukan Turki Hancurkan Ratusan Rumah Etnis Kurdi

Nusaybin, , 2 Sya’ban 1437/9 Mei 2016 (MINA) – Pasukan militer Turki telah mengebom kota Nusaybin, tenggara Turki, selama berbulan-bulan, menghancurkan ratusan bangunan perumahan di kota tersebut.

Aktivis lokal Kurdi melaporkan pada Ahad (8/5), pasukan tentara Turki melanjutkan ofensif mereka dengan menembaki lingkungan kota menggunakan tank dan artileri berat, menghancurkan lebih dari 355 rumah.

“Tiang asap masih mengepul dari lingkungan akibat operasi militer yang dipimpin pemerintah Turki,” kata seorang sumber lokal kepada ARA News, berbicara dengan syarat anonim sebagaimana yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Buldoser tentara Turki dilaporkan telah memasuki lingkungan Zein Al-Abedin dalam rangka untuk menghancurkan lebih banyak rumah di daerah itu.

“Kami berkoordinasi dengan sumber terpercaya dalam kota yang dilanda perang untuk mendokumentasikan semua pelanggaran terhadap hak-hak sipil di Nusaybin,” kata kelompok Kurdi.

Aktivis Kurdi mengatakan, puluhan bangunan tempat tinggal telah hancur oleh pengeboman dan benar-benar dihancurkan oleh buldoser.

Kondisi ini terjadi di saat bentrokan berlanjut antara tentara Turki dan sayap militer PKK Pasukan Pertahanan Rakyat (HPG) di kota Nusaybin dan bagian lain dari wilayah Kurdi di tenggara Turki.

Aktivis lokal mengatakan, lebih dari 100.000 orang telah mengungsi selama dua bulan, sementara banyak yang lain tetap terdampar di kota-kota dan desa-desa Kurdi yang dilanda perang.

Pasukan Turki telah sebelumnya masuk dalam wilayah Suriah, membobol wilayah utara-timur, termasuk Sermisakh dan Dirna Aghe di pinggiran kota Hasakah. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.