Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemimpin ASEAN Tinjau Kembali Implementasi Perdamaian Myanmar

sajadi - Selasa, 5 September 2023 - 19:55 WIB

Selasa, 5 September 2023 - 19:55 WIB

5 Views

Jakarta, MINA – Para pemimpin negara-negara anggota ASEAN menghadiri sesi retreat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 di Jakarta. Presiden Joko Widodo yang memimpin pertemuan itu menyebut, sesi ini fokus untuk me-review atau meninjau kembali implementasi Five-Point Consensus (5PC).

Five-Point Consensus atau disingkat 5PC merupakan kesepakatan untuk menuntaskan krisis di Myanmar.

“Saya ingin mengingatkan bahwa Five-Point Consensus adalah upaya kolektif ASEAN sebagai keluarga yang telah disepakati para pemimpin ASEAN di Jakarta pada 24 April 2021. Dan Five-Point Consensus akan tetap menjadi pedoman utama ASEAN,” kata Jokowi saat membuka Sesi Retreat KTT ASEAN ke-43, di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (5/9).

Terkait Five-Point Consensus, Jokowi mengatakan, Indonesia, sebagai pemegang keketuaan ASEAN 2023, telah intens berkomunikasi dengan 70 stakeholders di Myanmar.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Saat ini, jelas Jokowi, sudah mulai muncul rasa percaya antara satu stakeholders dengan stakeholders yang lain di Myanmar, kecuali dengan junta militer. Karena itu, menurutnya ini adalah saatnya ASEAN terus mendorong dilakukannya inclusive national dialog sebagai kunci penyelesaian krisis politik yang Myanmar-owned dan Myanmar-led.

“Dan Indonesia melihat sudah mulai muncul trust antara satu stakeholders dengan yang lain, kecuali dengan junta militer. Inilah saatnya ASEAN terus mendorong dilakukannya inclusive national dialog sebagai kunci penyelesaian krisis politik yang Myanmar-owned dan Myanmar-led,” ujar Jokowi. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

Rekomendasi untuk Anda

Asia
Indonesia
Indonesia
Asia
Indonesia
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia