Pemred Republika: Penganiayaan dan Pembunuhan Rohingya Benar Terjadi

Pemimpin Redaksi Harian Republika (Foto: Repubika)

Jakarta, MINA – Penganiayaan dan pembunuhan terhadap warga Muslim etnis Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, benar terjadi di lapangan.

Keyakinan itu disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi dalam rapat konsolidasi “Peduli Rohingya” Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) di Jakarta, Kamis (7/9) malam.

“Republika sudah beberapa kali mengirim wartawan ke lokasi. Benar terjadi penganiayaan, pembunuhan, dan pengusiran. Itu terjadi di lapangan,” kata Irfan yang diundang khusus untuk menjelaskan tentang tragedi dari sudut pandang media.

Menurutnya, sudah menjadi “rumus”, ketika Muslim menjadi minoritas maka akan berada di bawah tekanan.

Baca Juga:  AS: Operasi Militer di Rafah ‘Makin Melemahkan’ Posisi Israel

“Banyak yang khawatir umat Islam menjadi besar,” tambahnya.

Penyampaian Irfan tersebut juga dalam rangka menanggapi komentar pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Sebelumnya, Penasehat Negara Myanmar Suu Kyi menuding banyaknya foto-foto dan informasi palsu tentang peristiwa di Rakhine. Ia menyebut yang terlihat di permukaan adalah fenomena gunung es dan semuanya bertujuan memberikan simpati bagi terorisme.

Pimpinan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jabodetabek Sakuri mengatakan, mereka akan melakukan aksi nyata untuk membantu derita Muslim Rohingya.

“Kita akan action konkret, karenanya kita mengundang dari media agar tidak terjebak (keliru),” kata Sakuri dalam sambutannya.

Dari hasil rapat konsolidasi itu, Jama’ah Muslimin akan melakukan aksi penggalangan dana bantuan “Peduli Rohingya” ke masyarakat luas mulai Jumat (8/9). Termasuk melakukan langkah-langkah untuk bersinergi dengan lembaga-lembaga kemanusiaan yang lain. (L/RI-1/RS2)

Baca Juga:  Protes ke Israel, Televisi VRT Belgia Hentikan Siaran Eurovision

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.