PENELITIAN MAHASISWA UI MAJU KE TANOTO STUDENT RESEARCH AWARD 2016

Mhasiswa Universitas Indonesia (UI)
Mhasiswa Universitas Indonesia (UI)

Depok, 24 Rabi’ul Awwal 1437/4 Januari 2016 (MINA) – Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) siap melaju ke Tanoto Student Research Award 2016.

Penelitian ketiga tim tersebut berhasil terpilih mewakili UI ke tingkat nasional.

Penelitian pertama diusung oleh Zulfah Zikrina dan tim dari Fakultas Teknik. Ia berhasil unggul dengan penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Perancangan Unmanned Underwater Vehicle (UUV) dengan konsep Hybrid Remotely Operated Vehicle (ROV)”.

UUV merupakan kendaraan tanpa awak bawah air yang memiliki tujuan utama sebagai pengganti kerja manusia di dalam air. UUV didesain dengan konsep hybrid antara ROV dan Autonomous Underwater Vehicle (AUV). Demikian laman resmi UI memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (4/1).

Penelitian kedua diusung oleh Gusti Ruri Lestari dan tim dari Fakultas Teknik dengan judul penelitian “Karakterisasi dan Studi Analisis Pengaruh Rasio Berat Alginat-Hidroksiapatit sebagai Material Pengisi Tulang dengan Syarat Metode Vertebroplasty”.

Penelitian ini dilaksanakan untuk memberikan manfaat kepada dunia ortopedi, khususnya pada perkembangan material pengisi tulang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi langkah awal perkembangan material pengisi tulang yang diproduksi di dalam negeri.

Hal ini didasarkan pada hidroksiapatite yang mampu diciptakan secara mandiri di dalam negeri, serta alginate yang berasal dari rumput laut dapat dibudidayakan di Indonesia. Dengan begitu, Indonesia diharapkan mampu secara mandiri menciptakan material pengisi tulang di dalam negeri.

Penelitian selanjutnya dilakukan oleh Rohmatun Inayah dan tim dari Fakultas Teknik dengan judul “Analisis Potensi Biogas pada Berbagai Rentang Usia Lumpur Tinja sebagai Upaya Mendukung Pengembangan Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT)”.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik lumpur tinja pada berbagai rentang usia, serta sebagai data potensi biogas dari berbagai rentang usia lumpur tinja dan memberikan rekomendasi strategi pengembangan program LLTT melalui pengolahan anaerobik. (T/P006/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.