PENGAMAT: RUSIA TIDAK AKAN MENANG DI SURIAH

Presiden Rusia Vlacimir Putin (dua dari kanan). (Foto AA)
Presiden Rusia Vlacimir Putin (dua dari kanan). (Foto AA)

Ankara, 10 Muharram 1437/23 Oktober 2015 (MINA) – Menurut para pengamat, langkah militer Rusia di Suriah tidak akan meraih kemenangan, kecuali dalam hal kebijakan domestik dan internasional.

Jurgen Tritten, Anggota Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Jerman mengatakan kepada Zeit Online pada 15 Oktober lalu, ada sedikit peluang bagi militer Rusia untuk meraih kemenangan langsung di negeri kekuasaan sekutunya, Presiden Bashar Al-Assad.

“Jika Amerika Serikat tidak bisa berhasil di Irak dengan kekuatan 350.000 pasukan, maka Rusia tidak memiliki prospek kemenangan lebih cerah di Suriah. Mereka mungkin menghadapi masalah jauh lebih besar dalam waktu lebih singkat, karena mereka memiliki kekuatan yang jauh lebih kecil (dibandingkan AS),” kata Tritten.

“Di saat pejabat Suriah berharap Rusia membantu rezim untuk mengembalikan semua wilayah yang telah hilang dalam perang, Presiden Vladimir Putin tetap waspada terhadap konflik serupa di Afghanistan, belum lagi hambatan demografi terkait untuk merebut kembali seluruh negeri,” kata Fabrice Balanche, seorang ahli keamanan di Washington Institute dalam sebuah catatan yang diterbitkan pada 1 Oktober lalu.

Menurutnya, tujuan Rusia lebih pada penciptaan ministate pesisir, mirip dengan ministate Abkhazia di pantai Laut Hitam Georgia.

“Ministate seperti itu mungkin akan menjamin akses udara Rusia lebih luas dan ke pangkalan angkatan laut di Mediterania Timur,” kata Balanche, Anadolu Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Penilaian senada juga diungkapkan oleh Nikolay Petrov, seorang sarjana penduduk di lembaga amal Carnegie Endowment for International Peace mengatakan pada konferensi di London pada Senin (19/10).

“Dengan sedikit peluang kemenangan militer, Putin tidak mungkin menempatkan pasukannya di Suriah untuk waktu yang lama,” kata Petrov.

“Dia akan mengambil keuntungan, namun, kesempatan ini harus dilihat bahwa dia sebagai pemimpin yang kuat, yang bisa mengubah permainan dalam geopolitik. Ini akan sangat mendongkrak popularitasnya di dalam negeri, karena ia telah menunjukkan bahwa ia tidak membiarkan Barat bermain bebas di Suriah,” ujarnya. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0