Pengamatan BMKG: Hilal Bulan Sya’ban Terlihat di Ternate

Hilal Awal Bulan Sya'ban yang berhasil terlihat oleh tim stasiun geofisika Ternate pada Rabu (25/3). (Foto: BMKG)

Ternate, MINA – Tim Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan berhasil melihat hilal di Ternate.

“Hilal berhasil terlihat dari Ternate oleh tim Geofisika Ternate. Marhaban ya Sya’ban,” tulis BMKG melalui akun Twitternya @bmkg pada Rabu (25/3) sore.

Selain itu, BMKG melaporkan Stasiun Geofisika Ambon juga berhasil mengabadikan penampakan hilal awal bulan Sya’ban.

“Selamat datang bulan Sya’ban. Di tengah cuaca yang mendukung serta kondisi yang penuh kewaspadaan karena wabah COVID-19 tim pengamat hilal BMKG yang berada di Ambon dan Ternate tetap melaksanakan tugas dengan penuh kehati-hatian telah berhasil melihat hilal awal bulan Sya’ban,” tulis BMKG.

BMKG sebagai institusi pemerintah memiliki tugas pokok dan fungsi salah satunya adalah memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah. Mengingat eteraturan peredaran Bulan dalam mengelilingi Bumi, dan Bumi dengan Bulan dalam mengelilingi Matahari memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu.

Salah satu penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran Bulan mengelilingi Bumi. Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam dalam penentuan awal tahun baru Hijriah, awal bulan Ramadlan, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. (L/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)