PENTAGON: PASUKAN IRAK PUKUL MUNDUR ISIS DI BAIJI

Pasukan Irak memasuki kota Baiji, utara Tikrit, setelah memukul mundur ISIS, 8 Juni 2015.  (Foto: AFP/AHMAD AL-RUBAYE)
Pasukan Irak memasuki kota Baiji, utara Tikrit, setelah memukul mundur , 8 Juni 2015. (Foto: AFP/AHMAD AL-RUBAYE)

Washington, 22 Sya’ban 1436/9 Juni 2015 (MINA) – Pasukan Irak dan pejuang milisi memukul mundur kelompok Islamic State atau ISIS di kota utara Baiji dan di di dekatnya.

mengatakan Senin (8/6), tapi terlalu dini untuk menyatakan kemenangan dalam pertempuran itu, Nahar Net yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Akun militer Amerika Serikat (AS) yang turut memerangi ISIS di sekitar Baiji mengkonfirmasi klaim itu, pasukan tentara Irak telah menguat melawan ISIS dan memasuki pusat kota.

“Kami siap untuk mengatakan bahwa pasukan negara sahabat mulai bergerak ke Kota Baiji dan mulai membasmi musuh yang bercokol sendiri di kota itu,” kata juru bicara Pentagon Kolonel Steven Warren kepada wartawan.

Warren juga mengatakan, tapi itu terlalu dini untuk mengatakan kota tersebut telah “dibebaskan”. Ada juga tanda-tanda kemajuan di kilang minyak di luar kota, kilang terbesar di Irak.

“Selama beberapa hari terakhir, pasukan negara sahabat telah membuka jalur komunikasi ke kilang minyak Baiji dan sekarang dapat mengirimkan peralatan dan personil untuk memperkuat pasukan yang telah berada di Baiji selama beberapa bulan,” kata Warren.

Kilang minyak terbesar yang pernah memproduksi 300.000 barel per hari dari produk olahan itu, masih diperebutkan.

Serangan udara pimpinan AS melakukan tiga serangan udara di dekat Baiji pada Ahad, menargetkan posisi pejuang dan tujuh kendaraan, menurut siaran dari komando militer yang mengawasi perang udara.

Pemerintah Irak pernah menguasai Baiji yang menjadi jalan menuju benteng ISIS di Mosul tahun lalu, namun kemudian terpaksa mundur lagi.

Kelompok ISIS menyapu seluruh Irak pada Juni tahun lalu dan menyerbu Mosul, kota kedua negara itu, dalam waktu kurang 24 jam, sebelum merebut banyak kota Arab Sunni.

Kini ISIS telah diusir dari beberapa daerah sebelah utara Baghdad, namun masih menguasai banyak daerah di barat Irak. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0