Peringati 70 Tahun Kerja Sama RI-UK, Anies-Dubes Inggris Tanam Pohon Bersama

Peringatan 70th RI-Inggris (doc:PPID DKI)

Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Duta Besar Inggris Raya untuk Indonesia Moazzam Malik menanam pohon Kembang Sepatu Dea di halaman Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati 70 tahun kerja sama bilateral Indonesia-Inggris ini, dihadiri juga oleh perwakilan dari keluarga Proklamator RI yaitu Meutia Farida Hatta Swasono, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Masafumi Ishii, dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr.

“Ini merupakan salah satu kehormatan bagi kami di Jakarta, sebuah peringatan hubungan bilateral antara UK dan Indonesia. Yang terpenting bagi kita adalah 70 tahun perjalanan adalah perjalanan penuh kenangan dan pencapaian,” ujar Anies dalam sambutannya pada Ahad (12/5).

Anies menuturkan pemilihan tempat peringatan hubungan bilateral kedua negara sangat relevan karena kawasan Menteng merupakan salah satu daerah yang paling banyak dengan peristiwa bersejarah bagi Indonesia modern.

“Salah satunya adalah pohon yang kita tanam bersama-sama. Kita itu menanam kembali pohon itu karena sebelumnya telah ditanam pada 1937. Kami insya Allah akan memperhatikan tanaman ini, sehingga akan bertahan bukan hanya 70 tahun tapi juga beratus tahun yang akan datang,” ujar Anies lebih lanjut.

Anies memaknai penanaman pohon lebih dari sekadar tanda hubungan kuat Indonesia dengan Kerajaan Inggris, tetapi yang tidak kalah penting adalah bagian dari kampanye untuk mengembalikan wajah Jakarta lebih hijau.

Pohon Kembang Sepatu Dea diharapkan mampu memperlihatkan hubungan baik Inggris – Indonesia karena bunga yang tumbuh akan berwarna merah sesuai dengan salah satu unsur warna dari bendera kedua negara.

Selain kegiatan menanam pohon, peringatan 70 Tahun Kerjasama Bilateral Inggris – Indonesia ditandai pula dengan pembukaan pameran sejarah hubungan kedua negara di Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Perlu diketahui, pada tanggal yang sama 82 tahun yang lalu (12 Mei 1937), sebuah pohon telah ditanam oleh Inggris Raya di gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi dalam rangka pengangkatan Raja George VI.

Pohon tersebut kemudian menjadi salah satu simbol untuk persahabatan antara Indonesia dan Inggris di depan bangunan yang digunakan sebagai kediaman untuk perwakilan dari Inggris.

“Kami berharap ke depan, akan banyak kesempatan untuk bekerja sama dan akan memperkuat tidak hanya antar pemerintahnya, tapi juga hubungan antar warga kedua negara,” kata Anies. (R/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.