Pesantren Lembaga Penjaga Keutuhan NKRI

Pimpinan Ponpes Gontor, Kyai Hasan Abdullah Sahal saat memberikan sambutannya pada 50 Tahun Daar El Qolam di Tangerang, Banten, Sabtu, (20/1). (Foto: Hadis/MINA)

Tangerang, MINA – itu lembaga penjaga keutuhan . Demikian dikatakan Kiai Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Pesantren Gontor pada sambutannya saat Apel 50 tahun Ponpes Daar El Qolam, Tangerang, Sabtu (20/1).

Menurutnya, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang bisa diandalkan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Di pesantren puluhan pilar kebangsaan ada. Pancasila, NKRI, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika ada di pesantren, sumbernya di pesantren,” katanya.

Menurutnya di pesantren ada nilai-nilai pengorbanan, kesatuan, toleransi. “Maka orang yang menuduh Islam tidak pancasilais itu maling teriak maling,” ujarnya.

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

Selain itu, Kiai Sahal menegaskan pesantren bertugas memberikan petunjuk bagi orang kafir, tapi tidak mengkafirkan.

“Pesantren tidak pernah mengkafir-kafirkan orang, tugas kita beri petunjuk kepada orang kafir. Tapi jangan ganggu, kalau diganggu, jangankan orang Islam, binatang saja marah diganggu,” katanya.

Selain itu, pesantren juga anti penjajahan.

“Berdiri berabad-abad, pesantren bentengi bangsa dan umat Islam dari kekafiran dan penjajahan. Maka kalau ada kiai yang tidak antipenjajahan, itu kiai palsu,” katanya.

Rangkaian acara kegiatan milad ke-50 tahun ini akan berlangsung sejak tanggal 15 sampai 22 Januari 2018. Antara lain; Jambore dan Raimuna Antar Pesantren Se-Jawa dan Sumatera, Malam Refleksi dan Tayangan Film Dokumenter 50 Tahun , Apel Peringatan Milad, Silaturahmi Nasional dan Sarasehan Internasional Forum Pimpinan Pesantren Alumni Gontor dan Gintung, Reuni Akbar Alumni Daar el-Qolam, Daar el-Qolam Expo dan hiburan masyarakat yang akan menampilkan Rhoma Irama dan Soneta Grup.

Baca Juga:  IRI Terus Gencarkan Gerakan Selamatkan Hutan Tropis Indonesia

Kiai Zulkifli Muhadli selaku Ketua Forum Pesantren Alumni Gontor (FPA) mengatakan, acara Milad 50 Tahun Pesantren Daar El Qolam akan banyak dihadiri tokoh nasional, di antaranya Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Menteri Luar Negri AM Fachir, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, KH. Hasan Abdullah Sahal dan ratusan kiai alumni Gontor se-

Acara pembukaan Sarasehan Alumni Gontor dan Daar El Qolam akan dibuka langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin pada Sabtu pagi, 20 Januari 2018 pukul 08.00 WIB di Pondok Pesantren Daar El Qolam 3, rt.07 rw.02, Desa Pangkat, Kec. Jayanti, Kab. Tangerang, Prov. Banten 15610. (L/B01/RI-1).

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.