PESAWAT TEMPUR ISRAEL SEMPROTKAN ZAT KIMIA BERBAHAYA DI LAHAN PALESTINA

Petani Gaza. (Foto: Worldbulletin)
Petani Gaza. (Foto: Worldbulletin)

Gaza, 15 Rabiul Awwal 1437/26 Desember 2015 (MINA) – Departemen Pertanian di Gaza mengatakan, tanaman di dekat perbatasan hancur setelah pesawat tempur menyemprot zat kimia berbahaya.

Sumber Kementerian itu mengungkapkan, serangan itu mengakibatkan kerugian mencapai 3 ribu meter persegi tanaman rusak, demikian Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Wael Thabit, Pejabat Senior di Kementerian mengatakan, pesawat-pesawat Israel menyemprot pestisida sepanjang perbatasan timur Gaza, terutama di Deir al-Balah dan Khan Yunis.

“Pestisida sangat berbahaya dan akan membunuh tanaman, termasuk kacang, kacang polong, gandum, barley dan bayam,” kata Thabit.

Seorang petani Gaza mengatakan, selama sepekan, pesawat-pesawat Israel menyemprot pestisida berbahaya selama empat hari berturut-turut.

Gaza, yang telah dikuasai gerakan perlawanan Palestina Hamas sejak 2007, tidak memiliki infrastruktur yang memadai dan harus tunduk di bawah blokade Mesir-Israel.

Sejak 2013 lalu, kudeta terhadap Mohamed Morsi, presiden pertama yang dipilih secara bebas di Mesir, pemerintah Mesir menutup rapat perbatasan Rafah, satu-satunya gerbang Gaza ke dunia luar yang tidak di bawah kendali Israel. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.