Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Riau

, MINA – milik TNI Angkatan Udara mengalami kecelakaan dan jatuh di wilayah di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Senin (15/6), sekitar pukul 08.13 WIB.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Marsma Fajar Adriyanto, kecelakaan pesawat itu terjadi di dekat Runway 36 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. TNI AU mengonfirmasi bahwa pesawat yang jatuh merupakan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan kapasitas kursi tunggal.

“Pada hari ini, Senin (15/6/2020) pukul 08.13 WIB, telah terjadi kecelakaan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209,” ujar Fajar dalam keterangannya yang diterima MINA di Jakarta.

Adapun pesawat itu dikendalikan oleh pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail. Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru. Pilot dalam keadaan selamat karena berhasil melontarkan diri berkat ejection seat atau kursi lontar.

“Saat ini berada di RSAU dr Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya.

Dikutip dari situs TNI Angkatan Udara (AU) pada Senin (15/6), Hawk 200 adalah pesawat buatan British Aerospace (BAE), Inggris. Pesawat ini mulai bergabung dengan TNI AU sejak 1996.

Spesifikasinya, pesawat ini bermesin Turbo Fan, 871 Adour twin-spool. Mesin turbofan rendah ini merupakan produk dari Rolls-Royce.

Pesawat didesain untuk melaksanakan misi ‘air to ground attack’ atau penyerangan ke darat. Pesawat ini mampu melesat 1,2 kali kecepatan suara, atau setara dengan 1.470 km/jam dengan membawa berbagai persenjataan. (L/R2/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.