Piala Dunia 2022: Qatar Tumbang 0-2 dari Ekuador

Foto (Tribunnews)

Dubai, MINA – Tim Nasional Qatar harus mengakui keunggulan Ekuador setelah dibekuk 0-2 tanpa balas dipertandingan perdana Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Ahad (20/11) malam.

Seperti dikutip dari Bola.net, para pemain Qatar tampak grogi, sering terjadi salah operan dan terlambat menutup ruang kosong di lapangan.

Di sisi lain, Ekuador tampil cukup percaya diri sejak menit awal. Kedua gol Ekuador kali ini diborong oleh Enner Valencia di menit ke-16 dan ke-31.

Kemenangan ini menuntun Ekuador naik ke puncak klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 dengan torehan 3 poin.

Pertandingan dimulai dengan gebrakan Ekuador. Menit ke-3, Enner Valencia mengejutkan fans tuan rumah. Dia mencetak gol sundulan yang memanfaatkan kelengahan bek Qatar.

Ekuador sempat melakukan selebrasi, tapi kemudian gol tersebut dianulir. Melihat tayangan ulang, salah satu pemain Ekuador, Michael Estrada terlihat berada di posisi offside ketika bola pertama kali dilambungkan ke kotak penalti.

Qatar tampak grogi dan tidak bisa tampil sebaik seharusnya. Ada terlalu banyak salah umpan. Pergerakan pemain juga tampak kikuk.

Valencia akhirnya benar-benar mencatatkan namanya di papan skor dengan gol penalti di menit ke-16. Eksekusi tenang ke sudut kanan bawah, kiper Qatar melompat ke arah yang salah.

Menit ke-31, Valencia mencetak gol kedua yang sekaligus menghantam Qatar. Tuan rumah sebenarnya sudah mulai menemukan ritme, tapi tampak belum maksimal.

Tidak ada gol tambahan hingga akhir babak pertama. Skor 0-2 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Pertandingan dilanjutkan kembali, Qatar tampak lebih tenang di babak kedua. 15 menit pertama berlangsung cepat. Qatar belum mengancam gawang lawan, tapi setidaknya mulai bermain lebih baik.

Ekuador tampak sedikit mengubah pendekatan permainan mereka di babak kedua. Tim tamu mencoba menguasai bola lebih lama untuk mempertahankan keunggulan. Menit ke-65, skor masih 0-2.

Kedua pelatih lantas membuat pergantian di pertengahan babak kedua. Enner Valencia yang mencetak dua gol Ekuador harus ditarik keluar, kemungkinan untuk mencegah cedera.

Memasuki 10 menit akhir, Qatar terus mencoba memecah pertahanan lawan. Ekuador menunggu kesempatan serangan balik dan sesekali mendapatkan peluang berbahaya.

Qatar terus mencoba, tapi pertahanan Ekuador bermain disiplin. Tambahan waktu 5 menit tidak cukup untuk mencetak gol tambahan. Skor 2-0 untuk kemenangan Ekuador. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)