PM Libya Berhentikan Menlunya karena Pertemuan Rahasia dengan Menlu Israel

Perdana Menteri Libya Abdul Hamid Dbeibeh. (Foto: dok. AA)

Tripoli, MINA – Perdana Menteri Libya Abdel Hamid Dbeibeh memberhentikan Menteri Luar Negeri Najla al-Mangoush pada Ahad (27/8) setelah dia diam-diam bertemu di Roma dengan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen.

“Diputuskan untuk memberhentikan Menteri Luar Negeri Libya Najla al-Mangoush dan mengadakan penyelidikan terhadapnya,” kata sebuah dekrit yang diterbitkan oleh Pemerintah Persatuan Nasional. Anadolu Agency melaporkan.

Kementerian Luar Negeri Israel pada hari Sabtu (26/8) mengatakan, “pertemuan bersejarah” diadakan pekan lalu antara menteri luar negeri Israel dan Libya.

Pertemuan tersebut merupakan yang pertama antara para menteri luar negeri kedua negara dan membahas hubungan historis antara kedua negara, warisan Yahudi Libya, dan kemungkinan kerja sama bilateral.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghindari Hal-Hal Perusak Ukhuwah Islamiyah

Dbeibeh menunjuk Fathallah Al-Zani, menteri pemuda saat ini, sebagai menteri luar negeri sementara dan merujuk al-Mangoush ke panel investigasi.

Kementerian Luar Negeri Libya kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pertemuan antara al-Mangoush dan timpalannya dari Israel “tidak resmi.”

Negara Afrika Utara tersebut tidak mengakui Israel dan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Tel Aviv. Dilarang oleh hukum untuk menjalin hubungan dengan Israel. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf