PM PERANCIS: PERUNDINGAN DENGAN IRAN TIDAK ADA KEMAJUAN

Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius saat Sidang Majelis Umum PBB hari ini di New York (Gambar: Nahar)
Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius saat Sidang Majelis Umum PBB hari ini di New York (Gambar: Nahar)

New York, 2 Dzulhijjah 1435 H/ 26 September 2014 M (MINA) – Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius mengatakan pada Sidang Majelis Umum PBB hari Jumat di New York, perundingan dengan Iran gagal menghasilkan kemajuan dalam membatasi program pengembangan energi nuklir Teheran.

“Saat ini ketika saya berbicara, tidak ada kemajuan yang signifikan,” kata Fabius. Kentor berita Lebanon, Nahar melaporkan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jum’at.

Negosiator yang terdiri dari Inggris, China, Prancis, Rusia, Amerika Serikat ditambah Jerman telah membuka babak baru pembicaraan Jumat pada pekan lalu dengan hanya tersisa waktu dua bulan lagi untuk mencapai kesepakatan tentang program pengembangan nuklir Teheran.

Dengan tidak adanya kemajuan yang jelas, Menteri Luar Negeri AS John Kerry bertemu pada Kamis malam dengan rekan Iran-nya, Mohammad Javad Zarif dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton untuk pembicaraan tiga arah.

Fabius menambahkan, pembicaraan akan “mengacu pada pekerjaan yang telah dilakukan pekan ini dan akan mendiskusikan agenda ke depan.”

Lebih lanjut, Fabius menegaskan,”Akan ada pembicaraan lebih lanjut pada Jumat, kami akan segera bertemu lagi, kami menyesal hari ini belum dicapai kemajuan yang berarti.”

Lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB plus Jerman sedang berusaha mencapai kesepakatan kembali terkait kegiatan nuklir Teheran dengan batas waktu maksimal 24 November mendatang.

Iran meminta PBB untuk mencabut tuntutan Barat, dan mendorong haknya untuk memperkaya uranium, suatu proses yang dapat menghasilkan bahan untuk bom.

Fabius mengatakan, ada beberapa kemungkinan terkait kemajuan pengembangan energi nuklir terutama pada reaktor Arak dan tingkat produksi plutonium yang dapat menimbulkan kekhawatiran dunia.
Para negosiator Barat telah mengadakan pembicaraan pekan lalu, mereka mengatakan, tidak mengharapkan terobosan dalam babak ini, tapi berharap untuk mengurangi kesenjangan.(T/P011)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

http://naharnet.com/stories/en/148870-no-significant-progress-in-iran-nuclear-talks-says-paris

Comments: 0