PM Yunani : Mendesak Kesepakatan Bersama UE dan Turki Tentang Masalah Pengungsi

Athena, 9 Dhulhijjah 1437/11 September 2016 (MINA) Perdana Menteri , Alexis Tsipras mengatakan, Uni Eropa secara bersama harus memiliki kesepakatan dengan Turki  untuk mengatasi masalah aliran pengungsi  ke Eropa melalui  Turki.

Dalam sebuah konferensi pers pada forum bisnis internasional di kota Yunani utara Thessaloniki, Tspiras menekankan adanya saling ketergantungan antara Turki dan Uni Eropa dalam penanganan masalah pengungsi. Demikian Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

“Yunani berada dalam situasi yang sangat sulit, karena negara-negara Eropa lainnya secara sepihak menutup perbatasan sehingga Yunani harus menerima ribuan pengungsi setiap hari,” katanya.

Salah satu cara untuk mengatasi krisis  arus pengungsi ke Eropa, katanya, adalah kerjasama dengan Turki untuk memotong jumlah migran menyeberang ke Yunani setiap hari, termasuk arus pengungsi ilegal.

“Kesepakatan itu akan menghentikan arus ilegal tapi kami akan [juga] membuat program jalur hukum bagi pengungsi resmi berupa pemukiman kembali pengungsi di Yunani ,”  kata PM Yunani.

Ia memaparkan kekecewaan, gagalnya pengadaan 33.000 tempat bagi pengungsi di  Eropa seperti yang dijanjikan pada tahun 2016 ini. Kenyataannya hanya terwujud 3.000 saja. “Negara-negara ME harus mempercepat prosedur  agar program ini terlaksana,” kata Tspiras.

Yunani sambut gembira saluran gas Rusia – Turki

Dalam konperensi pers pada forum ekonomi ini, PM Yunani juga menyambut gembira kerjasama pengadaan dan penyaluran gas antara   Rusia dan Turki, dengan harapan salurannya akan melalui Yunani

“Kami ingin saluran energi abad ke-21  melalui Yunani,  sebagai bagian dari pipa trans-Adriatic. Maka jika pipa saluran gas itu muncul di negara kita, kita akan buru-buru menyambut,” ujar Tspiras.

Turki dan Rusia akan menandatangani kesepakatan mengenai pembangunan pipa gas Streaming Turki yang akan membawa gas alam Rusia lewat bawah Laut Hitam ke Turki dan ke tenggara Eropa melalui Yunani. (T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Greek premier calls on EU to deliver on refugee deal

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.