Politisi AS Kecam Israel Negara Rasis

Politisi Amerika Serikat (AS) dari partai Republik Pramila Jayapal (Foto: Wafa)

Chicago, MINA – (AS) dari partai Republik mengecam Israel sebagai negara dan menegaskan rakyat Palestina berhak atas penentuan nasib sendiri dan otonomi.

“Sebagai seseorang yang telah turun ke jalan dan berpartisipasi dalam banyak demonstrasi, saya ingin Anda tahu bahwa kami telah berjuang untuk mewujudkannya. Jelas bahwa Israel adalah negara rasis, bahwa rakyat Palestina berhak menentukan nasib sendiri dan otonomi,” kata Jayapal saat berbicara di panel Netroots Nation, sebuah konferensi aktivis progresif tahunan di Chicago, seperti dikutip dari Wafa, Senin (17/7).

“Impian solusi dua negara semakin menjauh dari kami, bahkan rasanya tidak mungkin,” kata Jayapal diiringi tepuk tangan dan nyanyian “bebaskan Palestina”.

Jayapal adalah lawan vokal aneksasi Israel atas Tepi Barat. Ia meminta Kongres untuk mengkondisikan bantuan militer ke Israel agar tidak menggunakan dolar pembayar pajak AS untuk melanggar hak asasi manusia Palestina.

Pernyataan Jayapal tersebut muncul setelah politisi lain, yakni Alexandria Ocasio-Cortez, Ilhan Omar, Jamaal Bowman dan Cori Bush mengkonfirmasi akan memboikot pidato Presiden Israel Isac Herzog akhir pekan ini di Kongres sebagai protes atas pelanggaran hak asasi manusia Israel.

Kritik tajam dari anggota parlemen dari negara bagian Washington adalah salah satu kecaman tingkat tertinggi terhadap Apartheid Israel. (T/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.