PRESIDEN JOKOWI TIBA DI PARIS UNTUK MENGHADIRI KTT PERUBAHAN IKLIM  

Presiden Jokowi saat bertolak menuju Paris
Presiden Jokowi saat bertolak menuju

Paris, 1 sHAFAR 1437/30 November 2015 (MINA) – Presiden Joko Widodo tiba di Paris Minggu petang, 29 November, untuk menghadiri pertemuan puncak (UNFCCC COP21), dengan mengusung pesan bahwa Indonesia berkepentingan dalam kerjasama menghadapi  tantangan perubahan iklim.

“Kami memberikan dukungan politik, seperti pada konferensi sebelumnya, kami memberikan komitmen kami,” kata Presiden Jokowi sebelum bertolak ke Paris, Perancis.

Presiden juga mengatakan bahwa Indonesia memiliki 17.000 pulau dan akan terdampak jika permukaan air laut naik akibat perubahan iklim. Jadi, Indonesia memiliki kepentingan untuk memastikan dampaknya bisa miminimalisir.

Indonesia juga telah mengajukan komitmennya dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, Antara News melaporkan, seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Kita kemudian akan menyampaikan tindakan nyata yang akan kita lakukan, termasuk restorasi hutan gambut, peninjauan izin yang ada, dan moratorium pemberian izin,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi dijadwalkan kembali ke Jakarta Rabu pekan ini.

Lebih dari 190 kepala negara akan berkumpul di Paris untuk mengikuti Konferensi Para Pihak (COP) Ke-21 mengenai Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCC COP21). Konferensi dijadwalkan akan dimulai hari ini, 30 November.

Pertemuan tahun ini penting karena untuk pertama kalinya konferensi berupaya mencapai kesepakatan yang mengikat secara hukum dan universal dalam mengatasi perubahan iklim. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0