Presiden Turki Hadiri KTT NATO di Brussel

Brussels, MINA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Brussels pada Rabu (11/7).

Pertemuan selama dua hari ini dimulai dengan kehadiran 29 kepala negara dan pemerintahan untuk membuat keputusan penting tentang kebijakan NATO kedepan.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg melakukan upacara penyambutan untuk para pemimpin di pintu masuk Markas Besar NATO.

Setelah upacara, 29 kepala negara dan pemerintahan NATO juga mengunjungi pameran sejarah bersama Stoltenberg. demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

KTT ini dirancang untuk menyesuaikan langkah NATO terhadap ancaman keamanan saat ini, serta bertukar pandangan tentang ancaman keamanan Euro-Atlantik, kata kepresidenan Turki dalam sebuah pernyataan pada Selasa.

Peningkatan hubungan antara NATO dengan Georgia dan Ukraina juga turut dibahas.

Pertemuan ini juga diharapkan membahas ketegangan antara Uni Eropa dan AS, pemindahan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem, nuklir Iran, dan perjanjian iklim.

NATO  juga diharapkan menegaskan dukungannya kepada Afghanistan.

KTT ini juga akan menegaskan “kebijakan pintu terbuka” NATO di kawasan Euro-Atlantik untuk perdamaian dan stabilitas.

Erdogan dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara di sela-sela pertemuan.

KTT ini juga akan membahas enam topik utama termasuk memperkuat pertahanan, kontra-terorisme dan stabilitas keamanan, kerja sama dengan Uni Eropa, modernisasi NATO, pembagian peran dan tanggung jawab, serta aliansi transatlantik. (T/R03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)