Presidensi Indonesia di G20 Dapat Dukungan Penuh dari India, Meksiko

Roma, MINA – Keketuaan atau Presidensi Indonesia di G20 pada tahun depan mendapat dukungan penuh dari beberapa negara, termasuk India dan Meksiko.

“Mengenai presidensi Indonesia tahun 2022 dan India memberikan dukungan penuh terhadap presidensi Indonesia tahun depan,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam press breafing secara virtual seusai bertemu dengan Menlu India dan Menlu Meksiko di Roma, Italia pada Jumat (29/10).

Menlu Retno juga mengatakan, India dan Indonesia sepakat untuk memberikan perhatian terhadap kepentingan negara berkembang di dalam forum G20.

Sementara dengan Menlu Meksiko, Retno menyampaikan penjelasan mengenai presidensi Indonesia yang akan mengambil tema “recover together, recover stronger”.

Inclusiveness, akan menjadi kata kunci dari keketuaan Indonesia di G20. Mexico, kata Menlu RI, sepakat dengan pendekatan presidensi Indonesia.

“Kita juga melakukan komparasi posisi masing-masing negara mengenai isu perubahan iklim dan transisi energi. Kita sepakat mengenai pentingnya komitmen yang telah dibuat untuk dipenuhi, termasuk penyediaan dana adaptasi yang dijanjikan oleh negara maju,” tambah Retno.

Menlu RI dan delegasi Indonesia berada di Roma untuk mendamping Presiden RI Joko Widodo berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma pada 30-31 Oktober 2021.

Di akhir kegiatan KTT, Indonesia akan menerima tongkat estafet Presidensi G20 dari Italia. Kegiatan G20 di bawah kepemimpinan Indonesia akan dimulai pada bulan Desember 2021. (L/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)