Putin Tandatangani Dekrit ‘Kemerdekaan’ untuk Zaporizhia, Kherson

Kremlin, MINA – Presiden Vladimir telah mendeklarasikan ‘kemerdekaan’ wilayah yakni Zaporizhia dan Kherson saat Rusia bersiap secara resmi memproklamirkan pencaplokan wilayah Ukraina dalam eskalasi besar selama tujuh bulan invasinya.

“Saya memerintahkan pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan negara” Zaporizhia dan Kherson di Ukraina selatan, kata Putin dalam dekrit presiden yang dikeluarkan Kamis (29/9) malam.

Kedua wilayah tersebut akan dimasukkan ke dalam Rusia bersama dengan republik yang memproklamirkan diri Donetsk dan Luhansk pada upacara mewah di Kremlin hari Jumat ini setelah referendum yang diselenggarakan dengan tergesa-gesa di wilayah yang diduduki Rusia itu.

Menurut Rusia, 99 persen warga Ukraina di wilayah itu mendukung bergabung dengan Rusia. Putin mengakui ‘kemerdekaan’ Donetsk dan Luhansk pada Februari lalu.

Peringatan yang ditandai upacara delapan tahun setelah Rusia merebut Krimea dari Ukraina, setelah invasi dan pemungutan suara serupa – akan berlangsung pada pukul 3 sore waktu setempat (12:00 GMT) di Georgievsky Hall di Istana Grand Kremlin, di mana plakat marmer yang diukir dengan emas memperingati Pahlawan militer Rusia.

Dalam bahasa yang sangat kuat, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kepada wartawan di New York City bahwa pencaplokan Rusia melanggar Piagam PBB dan tidak memiliki nilai hukum.

Guterres menggambarkan langkah Rusia sebagai “eskalasi berbahaya” dari konflik yang dimulai pada 24 Februari yang “tidak memiliki tempat di dunia modern.”

“Tidak harus diterima,” katanya.

Dewan Keamanan PBB, di mana Rusia memiliki hak veto, akan bertemu pada hari Jumat dengan Amerika Serikat (AS) dan Albania mengerjakan rancangan resolusi yang mengutuk pencaplokan itu. Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis menegaskan kembali AS tidak akan pernah mengakui klaim Rusia di wilayah Ukraina.

“Hasilnya dibuat di Moskow,” kata Biden tentang referendum tersebut.

Presiden Turki Tayyip Erdogan juga mendesak Putin agar mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan di Ukraina.

Bottom of Form

Pertunjukan aneh

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mengadakan pertemuan darurat pada hari Jumat di Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasionalnya. Beberapa rincian diberikan, tetapi para pejabat mengatakan “keputusan mendasar” harus dibuat di tengah kekhawatiran tentang potensi penggunaan senjata nuklir taktis.

Kyiv sebelumnya menolak rencana itu sebagai “pertunjukan aneh Kremlin”, dengan mengatakan satu-satunya tanggapan yang tepat dari Barat adalah menjatuhkan sanksi baru dan memasok pasukan Ukraina dengan lebih banyak senjata.

Ukraina memulai serangan balasan besar bulan ini yang telah mendorong Rusia keluar dari wilayah timur laut Kharkiv. Itu juga membuat kemajuan di selatan dan berada di ambang pintu Lyman di wilayah Donetsk.

Rusia hanya menguasai sekitar 60 persen Donetsk dan 70 persen Zaporizhia, tempat pertempuran berkecamuk di dekat pembangkit nuklir terbesar di Eropa.

Aneksasi yang tiba-tiba berarti garis depan sekarang akan melewati wilayah yang diklaim Rusia sebagai miliknya, dan yang menurut Putin siap dipertahankan dengan senjata nuklir jika perlu.

Putin pekan lalu mendeklarasikan mobilisasi pasukan cadangan dari setiap pria muda di negara itu dengan wajib militer. Akibatnya, langkah itu telah menyebabkan antrian besar di perbatasan Rusia. Ribuan pria berusia muda mencoba melarikan diri dari negara itu. Bahkan sekutu Kremlin yang setia telah mengkritik sifat kacau seruan itu, dan Putin sendiri mengakui pada hari Kamis bahwa semua kesalahan harus diperbaiki.

Para pemimpin yang diangkat Kremlin dari empat wilayah Ukraina, dan pejabat mereka, telah berkumpul di ibu kota Rusia untuk upacara tersebut.

“Kemenangan adalah milik kita. Kami adalah Rusia,” Kirill Stremousov, seorang pejabat dari wilayah Kherson, menyatakan dalam video dirinya di sebelah Lapangan Merah.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan, Putin akan menyampaikan pidato utama pada hari Jumat, tetapi tidak mengatakan apakah presiden akan menghadiri konser yang diadakan di alun-alun, di mana layar video raksasa telah dipasang, dan papan reklame mengumumkan nama-nama wilayah: ‘Donetsk, Luhansk, Zaporizhia, Kherson – Rusia!’.

Putin dijadwalkan berpidato di depan parlemen secara terpisah pada tahap selanjutnya, membuka jalan bagi parlemen untuk meratifikasi proses pencaplokan pada atau sebelum 7 Oktober, ketika ia menandai ulang tahunnya yang ke-70.(T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.